Kasus Pelecehan Seksual, Polisi Akan Tes DNA Raja Surakarta

Pemerkosaan-ilustrasi
PADANGTODAY.com-Kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh Raja Keraton Kasunanan Surakarta Paku Buwono (PB) XIII terhadap AT siswi salah satu SMK di Solo, terus bergulir. Setelah merasa kesulitan memeriksa rekaman CCTV, polisi akan mengambil langkah lain, yakni dengan melakukan tes DNA. Tak hanya terhadap bayi, yang saat ini masih dikandung AT, namun juga terhadap Raja Surakarta, PB XIII Hangabehi.

“Dengan cara pemeriksaan CCTV yang ada di Hotel Mulia kemungkinan ada kendala. Maka kami akan melakukan tes DNA, menunggu anak kandung pelapor lahir. Nanti akan kita cocokkan dengan PB XIII,” ujar Kapolres Sukoharjo AKBP Andy Rifai, saat ditemui wartawan di Sukoharjo Kamis (25/9) malam.

Dari tes DNA tersebut, menurut Andy, akan diketahui, apakah betul anak tersebut hasil hubungan antara pelapor (AT) dengan PB. Setelah diketahui hasilnya, lanjut Kapolres, polisi baru bisa melanjutkan kasus tersebut.

Pada kesempatan sebelumnya Andy Rifai mengatakan tes DNA dilakukan, lantaran pihaknya kesulitan membaca rekaman CCTV di hotel Mulia yang menjadi lokasi kejahatan seksual yang diduga dilakukan oleh sang raja.

“Hasil rekaman CCTV di hotel Mulia tidak bisa dimunculkan kembali. Karena usia rekaman sudah mencapai 4 bulan dan sudah tidak bisa dibangkitkan lagi, untuk mengetahui kejadian di hotel pada waktu sesuai dengan yang dilaporkan,” ujar Andy.

Kapolres mengatakan, sebenarnya rekaman CCTV tersebut sangat penting untuk mengetahui kebenaran keterangan saksi. Namun berdasarkan hasil uji laboratorium yang dilakukan tim forensik di Semarang, rekaman saat kejadian sudah tetimpa rekaman baru. Kapolres juga mengalami kesulitan, lantaran saat kejadian, kondisi korban tak sadar, akibat diberi sebuah permen.

“Hasil rekaman saat kejadian sudah ditimpa dengan rekaman CCTV yang baru. Menurut pihak hotel CCTV disana hanya mampu merekam kejadian selama dua bulan,” tandasnya.

Satu-satunya jalan, menurut Kapolres adalah dengan melakukan tes DNA terhadap bayi yang dilahirkan AT nanti. Usia kandungan AT saat ini diperkirakan baru berusia sekitar 5 bulan.(dil/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*