Kebakaran hutan Riau belum padam,satelit deteksi 154 titik panas

Padangtoday.com – Kebakaran hutan dan lahan di Riau belum padam. Titik api masih terus bermunculan. Berdasarkan data Satelit Terra dan Aqua dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, sekitar pukul 05.00 WIB, ditemukan 154 titik panas di Riau dan 300 titik panas di Sumatera.

Advertisements

Kepala Bidang Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Agus Wibowo mengatakan, 154 titik panas di Riau itu tersebar di sejumlah kabupaten, di antaranya; di Kabupaten Bengkalis ada 4 titik, di kabupaten Kampar 3 titik.

“Sedangkan di kotamadya Dumai terdapat 7 titik panas, di kabupaten Pelalawan dan Siak masing-masing 1 titik, kabupaten Rohul 3 titik, kabupaten Inhil 2 titik dan yang terbanyak di kabupaten Rohil yakni 133 titik,” ujar Agus.

Dia mengatakan terdapat 83 titik api yang tersebar di beberapa kabupaten/kota yakni; di Kabupaten Bengkalis 1 titik api, di kotamadya Dumai 7 titik dan kabupaten Rohil masih menjadi daerah produksi titik api terbanyak, yaitu 75 titik.

“Untuk cuaca di Riau pada umumnya cerah sampai dengan berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan terjadi pada sore atau malam hari hampir merata di sebagian Besar wilayah Riau,” terang Agus.

Sementara itu, untuk jarak pandang pada pagi ini, Agus mengatakan, sejak pukul 07.00 WIB di kota Pekanbaru jarak pandang 7 Km, di Pelalawan 6 km, di Kota Rengat 4 km, di Kota Dumai 4 km.

“Satgas penanggulangan kabut asap masih bekerja di lapangan guna menetralisir kebakaran hutan dan lahan, kita berharap kondisi secepatnya diatasi,” pungkas Agus.(m/ndy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*