Kecamatan Pariaman Utara Gelar MTQ ke-8

Advertisements

Padang-today.com__Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-qur’an, sehingga benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi bagi anak-anak dan generasi muda.

“Marilah kita jadikan momentum MTQ ke-8 ini menjadi era kebangkitan generasi qur’ani di bumi “Kota Tabuik” yang kita cintai ini”, kata Walikota Pariaman Mukhlis Rahman ketika membuka acara MTQ ke-8 tingkat Kecamatan Utara di Kantor Camat Pariaman Utara, Jumat 20/4.

Menurutnya, kegiatan ini sangat relevan dengan salah satu misi Kota Pariaman yang tertuang dalam RPJM Kota Pariaman 2013 – 2018, yaitu pada misi pertama, membangun sumberdaya manusia yang berkompetisi, berbudaya, beriman dan bertaqwa melalui penguasaan iptek serta memiliki etos kerja yang tinggi.

“Dengan MTQ dapat menumbuhkan semangat membaca dan mempelejarinya untuk dijadikan pedoman hidup dalam derasnya pengaruh globalisasi bagi generasi muda,” kata Mukhlis.

Mukhlis juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pariaman terus mendorong pengentasan buta aksara Alquran di Kota Pariaman melalui program magrib mengaji, baik di rumah, mesjid, mushala dan tempat-tempat pengajian lainnya. Mukhlis juga menungkapkan bahwa Pemko Pariaman sejak sembilan tahun terakhir telah mengalokasikan bantuan dana ke lembaga pemdidikan MDA dan guru mengaji.

Camat Pariaman Utara Hilman Syura dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan MTQ ini merupakan agenda rutin pemerintah pusat dan pemerintah daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia. Seiring dengan hal tersebut, di Kecamatan Pariaman Utara MTQ juga merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring para qori dan qori’ah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat Kota Pariaman.

Kegiatan yang mengangkat tema dengan semangat MTQ ke-8 tingkat Kecamatan Pariaman Utara, kita tingkatkan gerakan masyarakat gemar mengaji guna bebas dari buta baca al-qur’an ini melombakan tujuh cabang yaitu terdiri dari tilawah qur’an, tartil qur’an, hafiz qur’an, fahmil qur’an, syarhil qur’an, khutbah jum’at, bintang qasidah. Dengan jadwal pelaksanaan disesuaikan yaitu tanggal 20 s/d 22 April 2018.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*