Kedatangan Putri Indonesia Ini Dalam Rangka Mempromosikan Kota Pariaman ke Dunia Wisata

Wakil Walikota Pariaman foto bersama Putri Indonesia di Pualau Angso Duo.

Wakil Walikota Pariaman foto bersama Putri Indonesia di Pualau Angso Duo.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Dalam memajukan dunia wisata dan menjadikan Kota Pariaman sebagai tujuan wisata dunia, Pemko Pariaman mendatangkan Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri ke daerahnya. Kedatangan putri Indonesia ini dalam rangka mempromosikan Kota Pariaman ke semua lini. Apalagi Putri Indonesia akan mengikuti kontes mis unives tingkat dunia di Negara Vietnam.

Putri Indonesia melakukan kunjungan ke Kota Pariaman selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu kemarin. Dalam dua hari tersebut Anindya Kusuma Putri mengagumi potensi wisata alam Kota Pariaman. salah satu wisata pulau dan alam laut yang sangat memikat mata pengunjung. bahkan pantai sangat indah untuk dinikmati pengunjung disamping kulinernya.

Aninday Kusuma Putri berkunjung ke Kota Pariaman adalah lawatannya ke ranah minang untuk kali pertama, yang kaya akan potensi keindahan alamnya. Kunjungan ini disambut langsung oleh Walikota Pariaman H Mukhlis R di Balaikota Pariaman Sabtu siang.

Rombongan Putri Indonesia ini terdiri dari Head of Communication Departmen Yayasan Putri Indonesia, Bapak Mega Angkasa, GM. Corporate Planning and Communication PT. Mustika Ratu, Ibu Dwi Putri Yanthi serta Pengurus Suara Komunitas Sumatera Barat Bapak Rahmi dan pengurus lainya.

Walikota Pariaman Mukhlis R mengucapkan selamat datang ke Kota Pariaman yang terkenal dengan pesta budaya Tabuiknya dan pesona wisata bahari baik keindahan pantai maupun pulaunya.

Selain memiliki objek wisata pantai yang terbentang sepanjang 12,5 Km, Kota Pariaman juga memiliki panorama bawah laut yang cukup memukau dan kaya akan keindahan terumbu karang dan habitat ikan di dalamnya.

“Visi mewujudkan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata dan ekonomi kreatif berbasis lingkungan, budaya dan agama, telah kita tetapkan dan kita sepakati bersama sebagai RPJMD Kota Pariaman,” ujarnya saat itu.

Alhamdulillah lanjutnya, berkat keterpaduan bersama upaya mewujudkan Kota Pariaman sebagai daerah wisata berbasis ekonomi kreatif sekaligus untuk meramaikan Kota Pariaman, telah menampakkan hasil yang sangat signifikan, salah satunya dengan kehadiran Putri Indonesia ini secara tidak langsung mempromosikan Kota Pariaman sebagai destinasi baru pariwisata Sumatera Barat dan Nasional bahkan sampai Internasional dapat terwujud.

Setelah acara penyambutan di Balaikota Pariaman Putri Indonesia berkesempatan mengunjungi Pusat Kerajinan Pasar Produksi Terminal Jati melihat kerajinan khas Kota Pariaman, dari sulaman nareh, sulaman benang emas, bordir pariaman sampai kerajinan rajutan.

Selepas itu rombongan mengunjungi penangkaran penyu yang berlokasi di Pantai Manggung. Anindya Kusuma Putri yang asli Semarang Provinsi Jawa Tengah ini sangat tertarik sekali dengan proses penangkaran penyu dari telur sampai dewasa yang dikembangkan oleh UPT Konservasi penyu kota Pariaman ini, terakhir Putri Indonesia 2015 berfoto di Pantai Gandoriah sekaligus melepaskan Tukik (anak penyu) ke laut.

“Kota Pariaman sangat indah dan memiliki pantai yang exotic, belum lagi adanya penangkaran penyu yang di kembangkan oleh Pemko Pariaman sangat mendukung program pemeliharaan habitat hewan langka dan dilindungi yaitu penyu yang menjadi isu global saat ini,” kata Anindya Kusuma Putri.

Lebih jauh Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri menyatakan, selama dua hari dirinya di Kota Pariaman tidak menyia-nyiakan waktunya untuk menjelajahi keindahan alam baik pantai dan pulau yang ada serta berwisata bawah air yang sangat disukainya.

Dirinya, mengunjungi Pulau Angso Duo dan permainan air nya menikmati snorekeling dan diving di Pulau Kasiak, menjelajahi kuliner Kota Pariaman dan menikmati suasana hutan pantai di Taman OPC Pauh, Kota Pariaman.

“Ini adalah pengalaman pertama saya untuk snorekeling dan diving di Indonesia, dan Pulau Kasiak yang ada di Kota Pariaman. Sangat indah dan amazing sekali dan ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan dapat dilupakan,“ ujarnya.

Walaupun katanya, ber snorekeling dan diving ini baru yang pertama di lakukan olehnya, tetapi sangat bersemangat mengikuti petunjuk yang di jelaskan oleh Komunitas Tabuik Diving Club (TDC) UPT Penangkaran Penyu Dinas DKP kota Pariaman yang diketuai oleh Citra Aditur Bahari dan tim.

Selepas dari pulau kasiak, rombongan yang terdiri dari rombongan Putri Indonesia yaitu baik dari yayasan Putri Indonesia dan GM PT Mustika Ratu serta Suara Komunitas Sumatera Barat dan rombongan Pemko Pariaman terdiri dari Wakil Walikota Genius Umar beserta Keluarga, Kadis Pariwisata H Efendi Jamal, Kadis DKP Yandrileza, Kabag humas Hendri dan para rombongan lainya yang terdiri dari Natinal Geograpic.

Kemudian rombongan bertolak ke pulau angso duo. Di pulau ini Anindya melihat keramba apung dan menjajal Jetsky air dan tak ketinggalan berfoto di tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke pulau ini yaitu tulisan huruf Angso Duo setinggi hampir 3 meter yang telah menjadi icon pulau ini.

Setelah puas bermain-main di pulau, sang Putri Indonesia ini menikmati suasana Pantai Gandoriah dan menikmati kuliner rumah makan Pincalang Pauh Pariaman. Kapala lauak ciri khas rumah makan ini pun tak luput dari incaran Putri Indonesia yang asli Semarang ini.

“Kuliner Minang Sumatera Barat khusunya Kota Pariaman sangat enak dan nikmat sekali, makanya tak heran di setiap daerah di Indonesia banyak terdapat masakan padang, dan ini merupakan sebuah budaya yang harus dipertahankan yaitu masakan tradisional,“ paparnya.

Selanjutnya, Anindya Kusuma Putri berkesempatan menikmati suasana hutan pantai di taman OPC (Orang Piaman Creatif) yang terletak di Pantai Pauh. Anindya sangat tertarik dan kagum dengan anak-anak OPC yang bisa mengelola serta menyulap suasana alam yang indah dan bebas sampah menjadi studio alam yang asri dan menarik.

Diakhir kunjungannya Putri Indonesia 2015 ini berfoto di set studio alam yang ada di Taman OPC dan berfoto bersama dengan pengurus OPC yang ada.

Hadir dalam acara ini Wakil Walikota Genius Umar Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis R, Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Forkopimda Kota Pariaman, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman Effendi Jamal, Kepala SKPD, Kabag dan Camat se-Kota Pariaman, Komunitas pemuda yang ada se- Kota Pariaman dan para tamu undangan lainya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*