Kejurnas XC Paralayang dan Karnaval Gunuang Bungsu Open 2015, Panitia Gelar Rapat Persiapan Akhir

Bungsu Open 2015, Kejurnas XC Paralayang Digeber 9-14 Juni 2015

Bungsu Open 2015, Kejurnas XC Paralayang Digeber 9-14 Juni 2015

Advertisements
Kadis Budparpora Lima Puluh Kota Novyan Burano

Kadis Budparpora Lima Puluh Kota Novyan Burano

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com–Menajamkan persiapan menuju pelaksanaan Kejurnas XC Paralayang dan Karnaval Gunuang Bungsu Open 2015, Rapat Teknis Panitia digelar di Aula Pertemuan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Lima Puluh Kota di Tanjung Pati, Kamis 4 Juni 2015. Memimpin rapat yang berlangsung cukup serius itu, Ketua Umum Pelaksana Ir H Novyan Burano, bersama seluruh ketua bidang dan masing-masing anggota.

”Kita akan jemput izin pelaksanaan dari Kapolda Sumbar, Jumat. Sebab, peserta dari beberapa negara asing; Malaysia, Brunei, Jepang, Filipina, dan Rusia akan datang. Dari luar Sumbar saja, ada 75 peserta. Setidaknya, ada 100 orang peserta dengan ribuan ofisial dan rekan-rekannya akan datang ke lokasi kegiatan di areal terbang laying Bungsu Resort,” ujar Novyan Burano membuka rapat.

Rapat dilangsungkan dengan bidang transportasi yang menyebut jalan masuk dari Taeh Baruah. Lalu, soal parkir berkoordinasi dengan nagari. Sementara, Bidang Kesehatan didukung 2 Ambulance dengan peralatan dan dokter. Umbul-umbul akan dipasang Sabtu. Lalu, di Senin saat latihan tim kesehatan harus hadir.

Di iven yang dibuka oleh Gubernur Sumbar pada 9 Juni ini akan dimeriahkan talempok pacik. Talempok pacik yang dimainkan missal akan dilaksanakan oleh Nagari Taeh Bukik, kampung halaman Bupati Alis Marajo itu. Tari Gelombang dan Tari Pasambahan, pembacaan Wahyu Ilahi dan Doa disepakati juga menjadi tanggung jawab Nagari.

Tentang Bidang Lomba Foto dan Lomba Carnaval dinyatakan siap sedia. Bidang perlengkapan; marawa, kursi, meja, sofa, soundsystem, pun telah oke. Di bidang transportasi dilaporkan Zuhardi, bahwa 2 Bus Perhubungan dan 1 Umum VIP sudah akan tiba di hari Senin. Sementara, 3 Kijang Innova untuk jemputan tetamu di Senin, juga distandby kendaraan double cabin untuk mengangkut perlengkapan dan peralatan. Bus jemputan Minggu malam berangkat ke lokasi, sementara, standby mobil di landing area.

Di posisi landing 2 Ambulance standby di sana. Tim SAR butuh kepastian titik penjemputan, koordinat. Sebab itu, SAR difasilitasi lengkap. Konsumsi saat pembukaan dan penutupan, diberikan makan siang saja untuk atlet 100, Panitia 150 orang.

Sementara itu, Bidang Keamanan Kompol Yose Rizal, meminta informasi atlet yang ikut serta secara pasti, lalu, apakah tetamu VIP disambut di Rumah Dinas Bupati atau di Kantor Bupati. Soal waktu pastinya juga ditanyakan Kabag Ops Polres Payakumbuh ini. Lalu, soalan Voreigder, jalur masuk Lubuak Batingkok dan keluar Taeh.

Diterangkan Novyan Burano, bahwa Kejurnas XC Paralayang dan Karnaval Gunuang Bungsu Open 2015 juga diramainkan karnaval, lomba Kelas KTM (ketepatan mendarat), XC (cross country) untuk kelas senior. Sementara ini, sudah 75 peserta asal luar Sumbar, belum termasuk Sumbar ditambah jumlah peserta 4 orang asing.

”Mohon dilaksanakan dengan baik, bahwa bagian umum memasang marawa, mengangkut kursi biasa, meja tamu, bus-bus jemput antar ke bandara, soundsystem, dan pasang tenda komando. Sementara, jumlah panitia 138, tim keamanan 46, kesehatan 36, SAR 46 di kegiatan pembukaan dan penutupan,. SKPD 162 orang, Muspida, dan DPRD.

Kejuaraan Wisata

Kejuaraan Nasional XC Paralayang dan Karnaval Gunung Bungsu Open 2015 digelar rangka mempromosikan potensi wisata dan olahraga yang dimiliki Kabupaten Lima Puluh Kota ke tingkat nasional.
Disebutkan Novyan Burano pada lokasi Bukit Taeh yang dijadikan lokasi arena paralayang berlahan yang luas dan memadai untuk penerbangan dan pendaratan.

“Di Taeh Bukik ini memiliki lahan seluas 2,5 hektar. 2 hektar untuk lokasi landing dan setengah hektar untuk take off, atau kira-kita bisa mengembangkan 10 unit payung untuk sekali terbang,” ungkap Novyan Burano.

Selain promosi wisata, Kejurnas Paralayang 2015, juga dimaksudkan untuk untuk meningkatkan pembinaan olahraga dirgantara, mengingat berbagai prestasi telah diukir atlet Kabupaten Lima Puluh Kota. Diantara prestasi Internasional yang diraih diantaranya Juara Dunia Putri 2014 di Thailand, Juara 3 Dunia Putra di Filipina Februari 2015, serta Juara Umum Porprov 2012 dan Juara 2 Putri Kejurnas di Bogor tahun 2014.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*