Kejutan di November, Padangpanjang Raih Tiga Penghargaan Nasional

Padangpanjang, TODAY—Kota Padangpanjang pada 2019 meraih tiga penghargaan nasional sekaligus terkait layanan publik (public service). Rinciannya, penghargaan layanan perizinan satu pintu, layanan administrasi kependudukan dan pelayanan RSUD terbaik tingkat nasional.

Ketiga penghargaan nasional terkait layanan publik itu, seperti disampaikan oleh Sekretaris/Plt. Kepala Dinas Kominfo Kota Padangpanjang, Ampera Salim kepada pers di Padangpanjang, diterima oleh Walikota Fadly Amran dari Menteri PAN-RB, Cahyo Komolo di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/11).

Dalam menerima ketiga penghargaan bergengsi itu, Walikota Fadly didampingi oleh Kepala Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP), Ewasoska; Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Maini; Direktur RSUD Padangpanjang, dr.Ardoni; dan Kabag Organisasi Setdako, Ade Nafrita Anas.

Atas perolehan prestasi tergolong luar biasa itu,Walikota Fadly selain mengucapkan syukur, juga terimakasih dan penghargaan kepada ketiga unit kepala unit kerja bersangkutan dan stafnya. Berikut, terimakasih pula kepada warga kota yang telah memamfaatkan inovasi layanan publik dengan baik.

Prestasi di ketiga layanan publik tadi, sebut Kabid E- Goverment Dinas Kominfo, Ario Dian Pratama menambahkan, bagian dari buah program smart city yang sudah bersentuhan dengan kegiatan layanan publik di Kota Padangpanjang secara bertahap  sejak sekitar 2010 yang silam.

Karena kegiatan di ketiga layanan public tadi di Padangpanjang ada inovasi(terobosan), efisiensi dan nilai tambah. Kecuali itu, kegiatan tadi juga sudah terintegrasi dengan dunia tehnologi informatika (TI) atau degitalisasi.

Seperti terkait  Layanan berobat di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) di Padangpanjang, salah satu sentuhan dunia digital itu adalah dalam pendaftaran  rawat jalan. Sebab, untuk keperluan ini konsumen tak perlu lagi antrian di loket pendaftaran/ di depan loket karcis. Pada kesempatan ini, RSUD berhasil memperoleh kategori sangat baik tingkat nasional.

Begitu juga dengan layanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Padangpanjang, semua urusan ini sudah terintegrasi dengan tehnologi informatika atau dunia digital. Baik itu KTP, kartu keluarga, akta catatan sipil dan kartu identitas anak.

Pada layanan perizinan terpadu satu pintu, inovasi itu dimulai dari penyatuan semua urusan perizinan pada berbagai unit kertja Pemko ke satu unit kerja yakni Dinas PM-PTSP Kota Padangpanjang. Awalnya layanan secara manual. Belakangan sudah dilakukan online. (ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*