Kemajuan Teknologi Bisa Mengubah Mayat Manusia Menjadi Berlian

Ilustrasi berlian.

Ilustrasi berlian.

Advertisements

Australia, PADANGTODAY.COM-Ditangan pemilik jasa lengkap pemakaman Australia Selatan In Memoriam Productions, Bill Yeo, layanan pembuatan berlian khusus adalah contoh sempurna untuk menggambarkan perubahan terhadap persepsi orang mengenai pemakaman dan kematian.

Masyarakat kini juga mulai melibatkan teknologi dalam memperingati orang-orang terkasih.

Sampel rambut atau abu dari anggota keluarga yang meninggal dapat dikirim ke rumah pemakaman ini untuk diproses ke laboratorium di Finlandia dimana karbon yang telah diekstraksi tadi akan dicampur dengan karbon generik untuk mencapai ukuran berlian yang diminta.

Proses membuat berlian istimewa ini memakan waktu antara 90 sampai 120 hari, Yeo mengatakan mereka baru saja menyelesaikan pesanan berlian pertama mereka sejak menawarkan paket pelayanan ini berupa dua berlian yang terbuat dari abu seorang wanita di Australia Barat untuk suami dan anaknya.

Setiap berlian ini membutuhkan sekitar 100 dan 200 gram abu kremasi, sehingga masih akan tersisa abu kremasi yang dapat digunakan oleh anggota keluarga untuk melakukan prosesi tabur abu atau ditempatkan di guci.

Yeo mengatakan masyarakat dapat mulai merencanakan niat mereka untuk membuat berlian kenangan ini dalam perencanaan anggaran pemakaman mereka untuk memastikan mereka memiliki biaya untuk membuat pusaka yang unik.

Biaya untuk pembuatan berlian pusaka ini sangat tergantung pada ukuran berlian yang diinginkan, dengan kisaran harga mulai dari $1.000 hingga lebih dari $22.000 untuk batu berlian dua karat.

“Ini memang bukan jenis layanan pemakaman bagi semua orang, tapi disediakan bagi orang-orang yang menyukai gagasan dan konsep untuk melakukannya, dan hal ini tentunya akan menjadi kenangan berharga bagi mereka,” katanya.

Yeo mengatakan sejak mereka mulai menawarkan layanan ini kepada direksi rumah pemakaman pada awal tahun lalu, sekitar 80 persen dari permintaan berasal dari keluarga yang ingin membuat batu berlian dari orang yang mereka cintai dan 20 persen pemesan adalah pemilik hewan peliharaan yang ingin membuat kenang-kenangan

“Saya pagi ini baru saja menerima pesanan berlian kenangan ini dari seorang wanita yang ingin menciptakan batu berlian dari salah satu abu kremasi anjingnya,” katanya.

“Saya sebenarnya tidak terpikir untuk membuat batu berlian dari hewan, tapi sangat masuk akal jika ada orang yang berniat membuat sesuatu yang dapat mereka kenakan dan sekaligus menjaga agar kenangan dengan orang atau hewan tercinta mereka tetap dekat dengan mereka,”

Berlian sintetis pada awalnya dibuat untuk keperluan keperluan industri yakni sebagai alat dan peralatan pemotong, eksperimen pembuatan berlian sintetis ini dimulai pada akhir 1800-an dan awal 1900-an hingga akhirnya tercatat berlian sintetis pertama dihasilkan tahun 1950-an.

Pada dekade lalu, popularitas berlian sintetis terus meningkat dan penggunaanya terus meluas tidak hanya oleh kalangan industri tapi juga untuk membuat batu peringatan yang dapat dipesan sesuai keinginan.

“Pada suatu waktu pembuat berlian sintetis juga menawarkan gas untuk memberi tambahan corak dan warna pada berlian sesuai yang diinginkan,” kata Yeo.

Gas-gas ini digunakan untuk memproduksi berlian berwarna kuning kehijauan, merah tua maupun biru.

(Australia plus ABC/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*