Kemenag Pariaman Buat Terobosan Baru

IMG_20151022_205413PADANG,PADANGTODAY.COM -Semua harus siap mental, sehat fisik dan siap rohani  selain sehat secara ekonomi dalam menjalankan ibadah Haji, demikian disampaikan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya pada acara Pembukaan Manasik Haji Bagi Calon Jamaah Haji Kota Pariaman Tahun 2016 di Mushalla Kantor Walikota Pariaman, Selasa (21/10). Acara yang diikuti oleh calon jamaah haji kota pariaman untuk pemberangkatan haji tahun 2016 dihadiri oleh Kepala Kemenag Kota Pariaman Yutrizal Khatib, Kasie Haji Kemenag Kota Pariaman Firtrison Efendi dan jajaran kemenag Kota Pariaman, Ketua MUI Johar Muis, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Pariaman Ali Anis dan anggota IPHI lainnya serta KUA se-Kota Pariaman.

Advertisements

Genius Umar yang baru pulang dari penyelenggaraan Haji tahun 2015 juga menceritakan tentang pengalaman beliau tentang bagaimana keadaan yang harus dihadapi para jamaah haji selama menunaikan ibadah disana. Dengan kebersamaan sesama jamaah haji akan saling bahu membahu dan saling berkordinasi dengan pimpinan kloter/rombongan, maka akan memudahkan dalam pengambilan keputusan dan penyatuan persepsi tentang tata cara penyelenggaraan haji yang tidak membahayakan keselamatan para jamaah.

“Pemerintah RI memprioritaskan bagaimana keselamatan jamaah haji asal indonesia, mulai dari mengadakan simulasi serta jalan mana yang harus dilalui oleh para jamaah haji dan kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan rukun-rukun haji, sehingga tidak bersamaan dengan jamaah haji yang berasal dari benua Afrika dan Eropa yang memiliki postur tubuh yang lebih besar dari postur tubuh orang Indonesia. Dan diharapkan dengan penyatuan persepsi tentang kebersamaan dalam pelaksanaan manasik haji yang dilakukan saat ini untuk tahun 2016 mendatang, semakin meningkatkan rasa kebersamaan, sehingga tidak ada lagi pengkotakan jamaah, dan penyatuan persepsi tentang manasik haji,“tutupnya.

Kepala Kemenag Kota Pariaman Yutrizal Khatib mengatakan untuk tahun 2016 jamaah haji asal Kota Pariaman berjumlah 127 orang yang termasuk walikota dan istri serta Rosa Estetika anak sulung pasangan tersebut. Diadakannya manasik haji pada satu titik yang akan dikelola oleh IPHI Kota Pariaman ini, sebagai bentuk pelayanan satu pintu manasik haji serta menyatukan para jamaah haji agar sama-sama melaksanakan manasik haji dengan kordinasi yang lebih baik dan terkodinir pada satu manasik haji, yang selama ini para jamaah haji berbeda-beda dalam pelaksanaan manasik hajinya sehingga terjadinnya pengkotakan terhadap para jamaah haji.

Diakhir acara Kepala Kemenag Kota Pariaman menyerahkan data calon jamaah haji Kota Pariaman tahun 2016 kepada Ketua IPHI kota Pariaman Ali Anis, untuk penyelenggaraan manasik haji Kota Pariaman yang dikelola oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang dikordinir oleh IPHI kota Pariaman. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*