Kemendagri Hargai Kinerja Pemkab Tanah Datar Dengan Predikat Sangat Tinggi

Fhoto : Penghargaan yang diterima Kabupaten Tanah Datar dari Kemendagri yang dinilai dengan kinerja predikat sangat tinggi.(ddy)

Advertisements

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Kementerian Dalam Negeri RI menilai kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yang dituangkan dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2016 mendapat prediket Sangat Tinggi (ST).

Hal itu terbukti diundangnya Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi sebagai salah satu kepala daerah yang mendapatkan piagam penghargaan pada malam apresiasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Hari Otonomi Daerah ke XII baru baru ini oleh Kemendagri di Hotel Sultan Jakarta, Rabu malam (25/04).

Penghargaan itu juga tercantum dalam keputusan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100-53 tahun 2018 tentang Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, yang menetapkan Kinerja Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan prediket Sangat Tinggi (ST) dengan skor 3.2628 atau pada posisi bintang dua.

Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam kesempatan itu mengatakan prestasi-prestasi yang diraih oleh Kabupaten Tanah Datar selama ini hendaknya menjadi pelecut semangat seluruh aparatur di Tanah Datar untuk meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik.

“Alhamdulillah, posisi Tanah Datar berada di peringkat 69 nasional dari 397 kabupaten se Indonesia, dan kita berkomitmen terus memperbaiki untuk tahun berikutnya,” kata Bupati Irdinansyah.

Fhoto : Bupati Irdinansyah Tarmizi fhoto bersama dengan Kepala OPD usai menerima penghargaan.(ddy)

Dijelaskannya, LPPD ini menggambarkan kinerja urusan yang ditangani oleh pemerintah daerah dengan menetapkan Indikator Kinerja di antaranya tataran pengambil kebijakan, tataran pelaksana kebijakan administrasi umum dan tataran pelaksana kebijakan aspek capaian kinerja penyelenggaraan urusan wajib dan urusan pilihan.

“Dengan point 3.2628, kita (Tanah Datar-red) terbaik di antara 12 kabupaten di Sumatera Barat, serta secara peringkat nasional berada pada posisi 69 dari 397 kabupeten se Indonesia, sementara kabupaten Sidoarjo peringkat 1 dengan skor 3.5926 ,” urai Irdinansyah yang didampingi Kabag Pemerintahan Otonomi Daerah Kabupaten Tanah Datar Herison.

Tidak lupa, dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD, Irdinansyah mengharapkan lebih meningkatkan kerjasama dan komitmennya memberikan yang terbaik untuk masyarakat Tanah Datar. Namun ucapnya, hasil yang diperoleh ini tidak boleh berpuas diri, ke depan masih banyak pekerjaan yang menanti agar Tanah Datar semakin maju dan sejahtera.

Senada dengan Kabag Pemerintahan Otonomi Daerah Kabupaten Tanah Datar Herison mengatakan keberhasilan Kabupaten Tanah Datar meraih memperbaiki skor LPPD kali ini juga merupakan rangkaian dari beberapa penghargaan lainnya yang juga telah diterima, seperti LKPD dari BPK, RKPD dan LAKIP.

Sementara Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Soemarsono pada kesempatan itu menyampaikan penilaian LPPD ini telah melalui proses yang panjang dengan 70 kategori penilaian yang melibatkan beberapa kementerian.

“Penilaian ini merupakan yang paling akurat karena lama waktu penilaiannya memakan waktu selama 6 bulan, ini terkait mulai dari penilaian laporan dan tinjauan langsung ke lapangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bagi kepala daerah yang terlibat kasus seperti korupsi maupun kasus OTT walau daerahnya memperoleh nilai tertinggi tidak akan diberikan penghargaan, hal ini dalam rangka menegakkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

“Penghargaan LPPD ini diberikan sebagai wujud apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk memotivasi kinerja Pemda agar lebih baik lagi,” pungkasnya.

Di kesempatan itu turut hadir Mendagri Tjahyo Kumolo, staf ahli Menteri PAN-RB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah  M. Shadiq Pasadigoe, gubernur, Bupati dan walikota yang berprestasi se-Indonesia.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*