Kementrian ESDM Akan Buat Aturan Untuk Wilayah WKP Panas Bumi Steril dari Pemukiman Penduduk

Kementerian ESDM, Rida Mulyana.

Kementerian ESDM, Rida Mulyana.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggodok aturan bersama Pemerintah Daerah agar wilayah kerja pertambangan (WKP) panas bumi steril dari permukiman penduduk.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan hal itu dilakukan untuk merespon longsor yang terjadi di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Longsoran tersebut menimbulkan bencana korban jiwa penduduk setempat, dan merusak pipa Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP), PT Star Energy. “Dari kejadian Pangalengan ini, kami berharap semua aktivitas WKP disterilkan dari permukiman penduduk,” kata Rida, di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Rida mengklarifikasi kabar yang menyebutkan bahwa ledakan pipa menyebabkan longsor. Yang terjadi adalah sebaliknya, longsor dengan tekanan sekitar 10 Bar tersebut membuat pipa Star Energy meledak.

“Dari pengamatan sementara dan hasil survei diketahui tanahnya lumayan curam, kemiringan 70 derajat. Tanahnya vulkanik yang sifatnya labil. Repotnya, pohonnya jarang akibat alihfungsi ke pertanian. Hutan digantikan tanaman kol dan kentang,” kata Rida.

Akibat longsoran tersebut, pasokan sebesar 227 Mega Watt ke PT PLN (Persero) terhenti.

(es/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*