Kenalkan Parpol,KPU Gelar Pentas Seni dan Budaya

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan pergelaran seni untuk sosialiasi partai politik peserta Pemilu 2019.

Advertisements

     “Besok (Sabtu) di Danau Cimpago,Padang KPU gelar seni dan budaya untuk sosialisasi parpol peserta Pemilu 2019,”kata  Kabag Hukum dan Humas KPU Sumbar Agus Catur Rianto.

     Ia menjelaskan,acara ini bakal diikuti 16 parpol peserta pemilu 2019 yang ada di Sumbar.

     Pergelaran ini bekerjasama dengan KPU Padang,termasuk Bawaslu dan Panwaslu serta pihak terkait,”ungkapnya.

     Ia menambahkan,berbagai acara diadakan dalam pergelaran seni budaya diantaranya, festival layang diikuti parpol,araka-arakan mobil hias partai politik, dilanjutkan dengan tarian dan nyanyian minang serta jinggle Pemilu 2019.

    “Kemudian memperkenalkan maskot pemilu “Sisura” pada masyarakat,”katanya.

     Sementara itu Ketua KPU Sumbar,Amnasmen menyatakan pergelaran seni dan budaya ini serentak di ada seluruh Indonesia.

    “Untuk di Sumbar pergelaran seni dan budaya di laksankan di Padang, dan nantinya KPU Padang juga ikut bersama KPU Sumbar,”katanya.

    Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam pergelaran seni dan budaya ini,diantaranya festival layang-layang yang ada lambang partai politik peserta pemilu 2019. Ada 16 layang-layang milik parpol ditambah dua layang-layang dari KPU Sumbar dengan KPU Padang.

     Khusus untuk festival layang,KPU Sumbar sudah koordinasi dengan Badan Otoritas Bandara serta pihak terkait lainnya menyangkut soal penerbangan.

    “Surat sudah diberikan pada Badan otoritas bandara dimana nantinya layangan naik dengan ketinggian tidak lebih 100 meter dengan lama di udara sekitar 15 menit,setelah itu layangan diambil kembali parpol untuk diambil foto,”jelas Amnasmen.

    Amnasmen menambahkan,semua itu dilaksanakan KPU dalam bentuk simbolik sebagai sosialisasi kepada masyarakat dimana ada 16 parpol peserta Pemilu di Sumbar.

    “Kita mensosialisakan pada masyarakat lambang,nomor urut parpol serta kapan pemungutan suara Pileg,”ungkapnya.

     Sementara itu Nova Indra komisioner KPU Sumbar menyatakan, KPU pada prinsipnya memperkenalkan parpol peserta pemilu 2019 pada masyarakat.

     “Acara ini digelar pada Sabtu (21/4) di Danau Cimpago Padang bertepatan dengan hari Kartini,”katanya.

    KPU melaksankan pada 21 April, dimana berharap dihari Kartini itu,segmen perempuan lebih pro aktif dalam mensukseskan Pemilu 2019.

“Ini juga sejarah bagi masyarakat Sumbar dimana Pemilu perdana perdana karena Pemilu serentak yakni pemilihan presiden dan legislatif,”jelas Nova Indra.

     Tempat terpisah Humas Angkasa II Ketaping Padangpariaman,Fendrick Sondra menyatakan pihak KPU Sumbar koordinasi dengan pihak badan otoritas bandar yang bakal melakukan festival layang dalam rangka sosialisasi parpol pada masyarakat.

     “Tadi ada tiga orang dari KPU Sumbar mengadakan pertemuan dengan badan otoritas bandar,air nav serta pihak terkait lainya,”katanya.

    Ia menjelaskan,pada prinsipnya badan otoritas mendukung sepenuhnya apa yang diadakan oleh KPU.

    “Kantor Otoritas Bandara prinsipnya tidak keberatan dengan kegiatan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlalu,”katanya.

    Ia menjelaskan, untuk kelancaran dan keselamatan penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Minangkabau,maka kegiatan layang diadakan KPU harus mengikuti aturan yang berlaku.

    “Adanya surat keterangan kesanggupan dari KPU Sumbar menjamin kegiatan tersebit tidak mengganggu penerbangan. Menjamin peluncuran layang-layang ke udara tidak lebih dari ketinggian 100 meter dengan durasi 15 menit,”ungkapnya.

Waktu peluncuran dan penurunan layang-layang koordinasi dengan dengan otoritas bandara,BIM serta Perum LPPNPI yang ditugaskan kelokasi untuk pengawasan pengaturan peluncuran layang-layang. “Mengajukan Notam (Notification To Airman) ke Perum LPPNPI cabang Padang,”jelas Fendrick.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*