Kesbangpol Sumbar Gelar Pelatihan Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Pengurus OSIS SMA dan SMK Se Kabupaten Agam

1

Advertisements

Agam, PADANG-TODAY.com-Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Barat menggelar pelatihan pemantapan pendidikan wawasan kebangsaan bagi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA dan SMK se Kabupaten Agam, di aula Panti Asuhan Putra, Lubuk Basung, Selasa (8/9).

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Kesbangpol Sumbar dengan Kesbangpol Kabupaten Agam. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kabupaten Agam, Martias Wanto.

Pada kesempatan itu, Asisten I Sekretariat Agam, Martias Wanto, mengatakan, pelatihan pemantapan pendidikan wawasan kebangsaan ini kusus para generasi muda kita melalui OSIS SMA dan SMK se Kabupaten Agam.

“Dengan adanya pelatihan ini, terutama para generasi muda yang saat ini sedang mengikuti pendidikan dan dikoordinir oleh masing-masing OSIS disetiap sekolah, untuk kembali membangkitkan pemahaman dan pengamalan mereka tentang wawasan kebangsaan ini,” ujarnya.

Martias mengatakan, kita menyadari saat ini mulai terjadi penurunan-penurunan, terjadi penggoresan-penggoresan dan mulai teridikasi semakin lunturnya nilai-nilai luhur dari bangsa kita ini, terutama kita sebagai bangsa indonesia, sebagai orang Sumatera Barat minangkabau, apa lagi kita sebagai orang Agam.

Ia mengharapkan, dengan dilaksanakan pelatihan ini, tertopang hendaknya harapan kita pada generasi muda untuk memahami apa penting nya mereka membentuk, dan menguatkan nilai wawasan kebangsaan ini dalam rangka keutuhan NKRI, dan keutuhan persatuan dan kesatuan ketika melaksanakan pembangunan daerah khususnya Kabupaten Agam.

Dengan hal itu, maka semakin kuat nya nilai wawasan kebangsaan bagi mereka masing-masing, ini akan menghindari terjadinya benturan sesama mereka. Sehingga tidak ada lagi terjadi tawuran antar sekolah, antar kampung. Kejadian ini sudah mulai hilang di Kabupaten Agam, dan sudah mulai bisa diatasi bersama.

“Mudah-mudahan hal itu tetap dalam koledor wawasan kebangsaan yang tinggi dan tetap dalam koledor mereka yang memiliki nilai kesatuan dan persatuan yang kuat dalam diri mereka masing-masing,” harap Martias.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, Basronni, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program strategis dari Pemda Provinsi dalam upaya mereaktualisasi nilai-nilai kebangsaan secara lebih luas, dan dapat menjangkau lebih banyak elemen masyarakat.

Ia mengharapkan, pelatihan ini dapat menginspirasi dan mejadi spirit bagi kita semua, terutama bagi para generasi muda kita dalam peningkatan kesadaran kolektif dalam upaya pemantapan wawasan kebangsaan untuk menuju bangsa yang kuat, maju dan sejahtera.

Kepala Badan Kesabangpol Agam, Rahman, mengatakan, untuk melakukan pelatihan ini Kesbangpol Agam bekerjasama dengan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah peserta sebanyak 75 orang dari pengurus OSIS di SMA dan SMK se Kabupaten Agam. Kita harap pada Pemkab Provinsi untuk kedepannya tetap melaksanakan program yang sama di Kabupaten Agam.

“Sebab melihat dari perkembangan generasi muda kita saat ini seperti penurunan nilai dan norma, secara umum bagai mana hidup berbangsa serta hidup ditanah air, dan lebih kusus kita melihat di segi etika dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Rahman mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi skop nasional yang sudah ada Permendagri, aturan-aturan sudah mengatur bagai mana kita mengembalikan nilai-nilai pancasila, ini merupakan suatu kebutuhan bagi diri generasi muda dan sangat bermanfaat bagi mereka. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*