Kesiapan Padang Panjang sebagai Tuan Rumah Etape IV TdS 2016 Diawali Funbike

Padangpanjang, padang-today– Jelang even balap sepada internasional bertajuk Tour de Singkarak (TdS) 2016, Kota Padang Panjang sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara terus bersiap untuk menjamu peserta dan official dari 18 tim internasional dan 5 tim nasional.

Advertisements

Berbenah, itulah ungkapan yang disampaikan Walikota Padang Panjang Hendri Arnis ketika menggelar pertemuan dengan sejumlah wartawan di Balai Kota Padang Panjang, Selasa (2/7) kemarin. Panjang ingin memberikan yang terbaik dalam menunjang pariwisata di kota berjuluk Serambi Mekah itu.

Sama dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, untuk Etape IV yang mengambil lokasi star di Kota Padang Panjang dan akan finish di Kabupaten Agam. Panitia penyelenggara menetapkan lokasi star akan dilaksanakan di jalan Sudirman depan Kantor BRI Cabang Padang Panjang dan akan mengitari sejumlah ruas jalan di daerah itu, sebelum menuju Sicincin Padangpariaman yang selanjutnya menemupuh Malalak dan Finish di Puncak Lawang Kabupaten Agam dengan panjang rute sekitar 150 KM.

Untuk menyemarakkan TdS di Kota Padang Panjang sendiri, pemko setempat telah menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan yang dimulai dengan pelaksanaan Funbike, Pameran UMKM dan hiburan dengan lokasi di lapangan Kompi Markas Secata B Padang Panjang pada Minggu (7/8) dan dilanjutkan kegiatan Lomba Mewarnai tingkat TK dan Lomba Melukis Tingka SD se-Kota Padang Panjang, keesokan harinya.

Pada tanggal 8 Agustus juga akan dilakukan penyambutan pebalap dan official TdS serta jamuan makan malam yang akan di laksanakan di Komplek PDIKM, termasuk juga malam hiburan dan penyerahan cindera mata berupa Sendal Datuak kepada seluruh pebalap dan official, dengan jumlah sandal yang disediakan sebanyak 250 pasang.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis mengakui, meskipun penyelenggaraan TdS di Kota Padang Panjang setiap tahunnya hanya itu ke itu saja dan seakan tiada terobosan baru, selain lokasi star yang pernah dilaksanakan di komplek Pasar Padang Panjang. Tetapi, pada tahun ini, penyelenggaraannya akan diupayakan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita juga mengalami keterbatasan dari segi pelaksanaan, karena kita harus menunggu informasi dari panitia penyelengara dan seluruh jadwal dan lokasi yang akan digunakan juga harus dilakukan survey terlebih dahulu,” jelas Hendri Arnis.

Hendri Arnis juga menyampaikan, terkait target yang diharapkan dari pelaksanaan TdS tersebut, bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Padang Panjang. Apalagi, Padang Panjang sebagai salah satu daerah kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, terus mengalami peningkatan dari segi kunjungan wisawatan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan manacanegara.

“Meskipun angka-angka peningkatannya kita tidak hafal secara rinci, tetapi efeknya ada terhadap perkembangan pariwisata di kota kita. Memang, ini akan terus kita evaluasi, termasuk dari segi komunikasi dengan Kota Bukittinggi dan Kota Padang yang sama-sama menjadi lokasi penginapan pebalap dan official TdS,” jelas Walikota muda itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porbudpar) Kota Padang Panjang Sri Syawitri yang didampingi Kepala Bida Pariwisata Meddy Rosdian menguraikan tentang sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk menyemarakkan TdS Etape IV di Kota Padang Panjang, salah satunya dengan kegiatan Funbike dan mengalokasikan cindera mata berupa Sendal Datuak kepada Pebalap dan official TdS.

“Untuk penyelenggaraannya TdS tahun ini, kita mengalokasikan anggaran sekitar Rp.800 juta, itu sudah termasuk biaya promosi, pembelian cindera mata dan sumbangan kepada Dinas Pariwisata provinsi. Jika dibandingkan dengan daerah lain, biaya yang kita anggarkan lebih murah,” sebut Sri Syawitri. (Humas/Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*