Ketapang Pelajari Perda KTR Padangpanjang

Padangpanjang, Padangtoday- Pemerintah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat mempelajari penerapan Peraturan daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) ke Kota Padangpanjang.

Advertisements

“Kami datang ke Padangpanjang ini untuk melihat sejauh mana implementasi dari Perda KTR,” kata Ketua rombongan dari Kabupaten Ketapang, Brajuneka di Padangpanjang.

Rombongan dar iKetapang tersebut berjumlah 14 orang yang langsung dijamun oleh Waki lWali Kota Padangpanjang Mawardi dan Dinas Kesehatan serta instansi terkait lainnya.

Dia mengatakan Perda KTR selamaini di Padangpanjang cukup diketahui oleh sejumlah daerah di Indonesia, sehingga timbul niat untuk mempelajari proses terbentuknya peraturan tersebut.

“Kedatangan kami ini juga untuk melakukan apa yang sudah diterapkan oleh Padangpanjang tetang Perda KTR,” ujarnya.

Ia berharap, ilmu dan reperensi yang didapat di Padangpanjang bisa diterapkan oleh pemerintah Ketapang kedepannya. “Kami lihat banyak manfaatnya dari mudaratnya, sehingga ada niat untuk membuat peraturan itu,” katanya.

Waki lWali Kota Padangpanjang Mawardi memaparkan terkait terbentuk dan aplikasi Perda KTR tersebut di daerah itu selamaini.

Dia mengakui kesulitan pemerintah daerah dalam membentuk opini kearah yang lebih baik supaya masyarakat bisa terhindar dari merokok.

“Awalnya memang sulit, namun kami selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat disetiap kesempatan tentang bahaya merokok tersebut,” katanya.

Setelah adanya sosialisasi dan perencanaan yang matang, kata dia, barulah Pemkot Padangpanjang mengajukan Rancangan Peraturandaerah ke DPRD setempat untuk dijadikan Perda.

“Perencanaan sudah ada sejak 2007 dan dilakukan sosialisasi serta pemahaman kepada masyarakat dan anggota legislatif hingga akhirnya lahirlah Perda kawasan bebas asap rokok pada 2009,” katanya.

Setelah lahi rPerda Kawasan Bebas Asap Rokok kembali ada revis iterhadap Perda tersebut menjad iPerda No 2 tahun 2014 tentang KTR.

Rombongan dari Ketapang tersebut direncanakan akan melihat secara langsung penerapan perda KTR itu di Padangpanjang selama dua hari. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*