Ketua Forikan Kota Pariaman Ny Reni Mukhlis Resmi Membuka Lomba Memasak Serba Ikan

Ketua Forikan Ny Reni Mukhlis memberikan arahan kepada para peserta Lomba dan tim penilai pada acara Lombak Masak Serba Ikan.

Ketua Forikan Ny Reni Mukhlis memberikan arahan kepada para peserta Lomba dan tim penilai pada acara Lombak Masak Serba Ikan.

Advertisements
Tim Penilai sedang melakukan penilaian terhadap maskan kepada peserta lomba.

Tim Penilai sedang melakukan penilaian terhadap masakan  peserta lomba.

Pariaman, PADANGTODAY.com-Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman yang sekaligus Ketua Forikan (Forum Peningkatan konsumsi ikan ) Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis membuka secara resmi lomba masak serba ikan antar TP PKK Desa dan Kelurahan serta para pelaku usaha perikanan se-Kota Pariaman di Aula UPT Penangkaran Penyu, Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara, Rabu (20/5) beberapa waktu lalu. Acara ini diikuti oleh 13 PKK Desa dan 13 Kelompok pelaku usaha perikanan, dengan menyiapkan makanan serba ikan yang telah diolah dari rumah. Adapun untuk penilaian lomba masak serba ikan ini dengan memperhatikan kandungan gizinya, penampilan, rasa dan kreatifitas.

Ny. Reni mukhlis kepada www.padang-today.com mengatakan bahwa diadakannya acara lomba masak serba ikan ini disebabkan masih rendahnya minat masyarakat untuk mengkomsumsi ikan, ini berdasarkan data dari BPS, untuk itu pemerintah pusat membuat program Gemarikan (Gerakan memasyarakatkan Makan Ikan). Ini terbukti, jelas Reni, di tahun 2009 Kota Pariaman hanya mengkomsumsi 30 Kg/kap/thn, dan untuk tahun 2015 telah mencapai angka 33 Kg/kap/thn, ini masih belum mencapai target provinsi Sumbar yang telah mencapai angka 35 Kg/kap/thn, dan untuk tingkat Nasional menargetkan angka 37 Kg/kap/thn.

Menurut Reni, Ikan mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan kandungan protein yang sangat penting untuk tubuh, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Mulai dari omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan otak, asam amino essensial, lemak nabati, dan Vitamin yang tinggi, kalsium dan masih banyak yang lainya. Untuk itu melalui lomba masak serba ikan ini akan meningkatkan minat masyarakat untuk mengkomsumsi ikan, sehingga kosumsi ikan untuk Kota Pariaman dapat mencapai target baik Provinsi maupun Nasional, jelas Ketua Forikan Ny. Reni Mukhlis.

Pemenang lomba masak serba ikan tingkat Kota Pariaman ini, tambahnya, nantinya akan mengikuti lomba masak serba ikan yang akan diadakan oleh provinsi Sumatera Barat pada tanggal 26 mei 2015 mendatang. Acara ini diikuti oleh Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Ketua Dharma Wanita Kota Pariaman Ny. Afni Armen, Ketua DKP Kota Pariaman Yandrileza, Kabid perikanan tangkap DKP Kota Pariaman Azman, para anggota PKK Kota Pariaman dan Tim penilai serta Panitia dari DKP Kota Pariaman. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*