Ketua Kelompok Partai Belum Tentu Ketua Fraksi

Padang, PADANGTODAY.com – Masing masing ketua yang diberikan amanah untuk sementara menjabat sebagai ketua kelompok partai  di DPRD Kota Padang belum bisa untuk berpuas diri.

Sebab, kemungkinan besar jabatan yang dipegang sebagai ketua kelompok partai akan lepas pada saat penunjukan ketua fraksi yang definitif .

Beberapa Ketua Partai mengakui, bahwa ketua kelompok partai yang ditunjuk saat ini sifatnya hanya sementara.  Ketua yang ditunjuk  itu bisa saja nanti berubah pada saat penjukan ketua fraksi definitif dilakukan

Ketua Partai Gerindra Kota Padang, Afrtizal BAC mengatakan, Ketua kelompok partainya yang ada di DPRD Kota Padang bisa saja terjadi perobahan pada saat penunjukan ketua Fraksi Partai yang definitif.

Katanya, untuk ketua partai ini pihaknya menunjuk Elly Thrisyanti. Akan tetapi untuk ketua fraksi nanti yang akan menunjuknya nati adalah DPP Gerindra. “ Semuanya bisa beribah dan itu adalah wewenang DPP,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Partai Golkar Kota Padang, Wahyu Iramana Putra. Katanya, untuk ketua Kelompok partai dari Golkar di DPRD saat ini dirinya dipercaya sebagai ketua. Kan tetapi, jika dirinya nanti menjadi salah satu Wakil ketua di DPRD Kota Padang tentu untuk ketua fraksi nantinya akan digantikan oleh yang lain.

“Dalam aturan yang menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPRD tidak boleh merangkap sebagai ketua fraksi,” jelasnya.

Akan tetapi  hingga saat ini dia juga belum bisa memastikan siapa kadernya akan menjabat sebagai ketua fraksi nantinya.

Ketua Partai Demokrat Kota Padang, Januardi Sumka juga mengatakan hal yang sama. Terkait dengan  penunjukan ketua kelompok partainya di DPRD Padang, tidak tertutup kemungkinan masih akan ada perobahan pada saat pembentukan fraksi. (can/ari)