Kini, Pertamina Kian Peduli. Itu Membahagiakan

Membahagiakan. Sepertinya telah jadi tugas PT. Pertamina. Kali ini bersama Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, 100 warga miskin  dapat paket sembako (Sembilan Kebutuhan Pokok).

Ada juga penukaran tabung gas hijau ke pink gratis. Hanya bayar isinya saja. 100 paket sembako dari Pertamina untuk warga kurang mampu di Kota Payakumbuh diserahkan saat apel pagi di halaman kantor wali kota, Senin (7/11).

Bantuan berupa beras, telur, minyak goreng, dan gula itu diserahkan oleh Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda bersama Executive General Manager (EGM) Regional Sumbagut Freddy Anwar, Region Manager Retail Sales Sumbagut Tiara Thesaufi Harisoesyanto.

Bersama mereka juga ada Sales Area Manager Sumatera Barat Narotama Aulia Fazri, Sales Branch Manager Rayon I Sumbar Aria Aditya, Sales Branch Manager Rayon II Sumbar Adwiaputra Arma, Sales Branch Manager Rayon IV Sumbar Muhammad Yudhistira, Pengurus Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumatera Barat Muhammad Bayu Vesky, H. Eky Anas, beserta anggota Hiswana.

Rida Ananda menyebut persoalan ekonomi ekstrem butuh dukungan masyarakat, tak terkecuali kepedulian pelaku usaha seperti BUMN, BUMD, perbankan, swasta, dan lainnya. Bagaimana ada upaya bersama, merangkul dan memberdayakan UMKM dan masyarakat.

“Memang bantuan itu mungkin tidak banyak-banyak, tapi itu sudah membantu pemerintah daerah dalam menghadapi efek kenaikan harga BBM yang dampaknya membuat daya beli menurun, inflasi, hingga ekonomi ekstrim dan stunting yang ikut mengancam,” kata Rida Ananda.

Rida juga menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang ikut berperan serta dalam kegiatan Pemerintah Kota Payakumbuh. Teranyar pada tahun 2021 adalah program “UMKM Randang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce” yang telah dilaksanakan guna meningkatkan promosi usaha mereka.

“Hari ini kami mewakili Pemko Payakumbuh mengucapkan terimakasih kepada Eksekutif dari Pertamina yang langsung datang dari Kota Medan. Kami juga berharap pengusaha minyak dan gas di Kota Payakumbuh dapat jadi bapak asuh bagi anak stunting,” Rida Ananda serius.

“Kepala OPD termasuk saya sudah mengangkat anak asuh, kini kami mengajak pengusaha juga bisa menjadi orang tua asuh supaya kita bisa mengentaskan masalah stunting,” kata Rida.

Sementara itu, Executive General Manager (EGM) Regional Sumbagut Freddy Anwar mengatakan kondisi perang di belahan dunia lain ternyata berimbas kepada Indonesia, harga minyak naik secara global. Akibatnya beban subsidi berat yang ditanggung negara juga bertambah.

“Kami menyadari beban itu pasti dirasakan masyarakat, dalam kondisi seperti ini Pertamina wajib bertanggung jawab meringankan beban masyarakat dengan ikut memberi kontribusi bantuan sosial seperti hari ini, semoga sedikit banyaknya bisa meringankan beban masyarakat,” kata Freddy.

Menjawab permintaan dari Wako Rida Ananda, Freddy menyebut pihaknya siap untuk terus bersama-sama pemerintah daerah memberi perhatian kepada masyarakat melalui sinergisitas dengan dukungan wali kota dan jajaran.

“Dalam menyambut HUT Kota Payakumbuh yang ke 52, Pertamina juga mensupport gelaran Payakumbuh Festive Run 2022 yang merupakan kolaborasi antara iven olah raga dan geliat UMKM di Kawasan Batang Agam sebagai ikon wisata baru Kota Payakumbuh,” pungkasnya. 

Sebagai bagian dari perhatian pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat, di halaman kantor wali kota juga ada stand Bright Gas Pertamina. 

Ada program penukaran tabung gas LPG 3kg subsidi yang berwarna hijau dengan tabung gas 5,5 kg non subsidi berwarna pink.

Tabung hijau ditukar dengan tabung pink secara gratis,  Masyarakat cukup membayar isi ulang tabung pink sebesar Rp.100.000.

Rida Ananda: Mari Kita Pererat Koordinasi untuk Payakumbuh Maju

Setelah apel bersama dilaksanakan kegiatan bersama Pertamina di halaman kantor Walikota Payakumbuh yang mengagendakan penyerahan bantuan sembako dan konversi tabung gas 3 kilogram ke 5,5 kilogram bagi warga masyarakat, Penjabat (Pj) Walikota Rida Ananda tanpa menunggu lama langsung mengumpulkan seluruh kepala OPD, Camat dan Lurah untuk melaksanakan rapat koordinasi (rakor) di aula pertemuan Ngalau Indah lantai III kantor Walikota Payakumbuh, Senin (7/11).

Pj. Walikota melaksanakan Rakor guna memperkuat dan meningkatkan sinergitas Walikota bersama seluruh kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Camat dan Lurah di lingkup Pemerintah Kota Payakumbuh.

Didampingi oleh Asisten III Walikota bidang administrasi Umum Ifon Satria Chan dan Kepala Badan Keuangan Daerah Syafwal, Pj. Walikota Rida Ananda mengawali sambutannya dengan mengutarakan uneg-uneg yang ia rasakan selama melaksanakan kunjungan lapangan ke beberapa kantor OPD yang ada, seperti saat mengunjungi kantor Camat utara dan empat kantor bersama,

“Disaat kunjungan ini saya sungguh merasa sangat kecewa, dimana saya masih menemukan kantor OPD tersebut masih didapati ASN yang masih terlambat masuk kantor. Serta saya juga melihat kondisi kantor yang tidak terurus,” ungkap Rida dengan nada yang rendah tapi tajam

Kendati Pj. Walikota Payakumbuh itu kecewa, ia tidak memperlihatkan kekecewaannya itu dengan cara berlebih, dan untuk hal ini saya harap agar ASN semua agar dapat lebih disiplin lagi dan juga mari kita jaga dan rawat kantor kita seperti saat kita merawat rumah sendiri, anggap kantor kita ini sebagai rumah kedua kita semua,” ajak Rida Ananda kali ini sembari tersenyum.

Seperti diketahui bersama, Rida Ananda ditugaskan oleh Kementrian Dalam Negeri untuk mengemban jabatan Penjabat Walikota Payakumbuh. Oleh karena itu, Rida tidak pernah bosan untuk menghimbau dan mengingatkan terkait akan amanah yang diembannya saat ini,

“Saya diberikan amanah disini, dan saya juga diberikan tugas yang cukup ekstra (dari Pemerintah pusat) dalam melaksanakan tugas ini. Jadi mari kita semua untuk saling bersinergi dalam setiap agenda kegiatan yang ada ditingkat OPD, Camat hingga kelurahan untuk turut melibatkan saya dalam kegiatan tersebut,” pinta Rida melanjutkan.

Dalam kesempatan tersebut, ada satu pesan yang ditekankan orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh itu, dimana terkait dengan pengadaan barang dan jasa di setiap OPD agar jangan bermain-main, dan juga agar dalam setiap pengadaan barang dan jasa itu untuk tidak mencatut namanya dalam melancarkan dan memuluskan proyek tersebut.

“Saya tidak mau nama saya dibawa-bawa dalam hal ini. Jadi disini saya himbau agar kepala OPD paham dan mengerti jika nanti hal itu terjadi,” himbaunya.

Dengan amanah yang diembannya, Rida berharap nanti kota Payakumbuh akan bisa menjadi semakin lebih maju dan semakin terdepan.

“Jadi, kembali saya menghimbau agar untuk kita semua dapat mempererat koodinasi. Dimana dalam hal ini saya ingin setiap OPD, Camat dan Lurah agar ikut melibatkan saya dalam setiap agenda kegiatan yang ada. Karna ini merupakan salah satu tugas pokok yang diberikan kepada saya selaku penjabat walikota, untuk dapat selalu ikut berperan aktif pada setiap agenda kerja kegiatan hingga ke tingkat kelurahan,” beber Rida.

Sebelum mengakhiri penyampaiannya, Rida kembali menghimbau kepada seuruh kepala OPD, Camat dan Lurah untuk turut nantinya memeriahkan perayaan HUT KORPRI di kota Payakumbuh.

Tentang kebaikan Pertamina khusus mendapat perhatian dari Mantan Sekda Kota Payakumbuh ini. Bersama warga ia sangat berharap perhatian dan bantuan lembaga lainnya, tak peduli pemerintah dan swasta.

“Masyarakat kita lagi bersama-sama melawan inflasi, stunting, dan lainnya. Kepedulian kita tingkatkan bersama,” pungkas Rida Ananda.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*