Kisruh Partai Demokrat, Wilman Menunggu Rekomendasi DPC

Surat Rekomendasi SK DPP Partai Demokrat.

Surat Rekomendasi SK DPP Partai Demokrat.

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Meski telah ditenggat waktu sampai Senin (22/9), namun Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat hingga berita ini diturunkan belum menyerahkan rekomendasi tentang kursi Wakil Ketua DPRD Payakumbuh yang ditetapkan untuk Partai Demokrat. 17 September lalu, Ketua DPRD Payakumbuh Sementara YB Dt Parmato Alam menyurati Ketua DPC Partai Demokrat Kota Payakumbuh, meminta agar segera mengusulkan nama Calon Pimpinan DPRD Definitif, yang akan duduk di kursi BA 8 M.

”Sampai hari ini, kami sedang melakukan proses pembuatan surat rekomendasi tersebut. Internal partai, jelas harus ada pertimbangan-pertimbangan. Itu yang sedang kami lakukan hingga hari ini,” ujar Sekretaris DPC Partai Demokrat Adi Suryatama.

Mulanya, Adi Suryatama yang juga anggota DPRD Kota Payakumbuh ini sempat digadang-gadangkan menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, bersama Suparman (PKS) dan Ketua YB Dt Parmato Alam (Partai Golkar).

Kemudian, H Wilman Singkuan yang mantan Ketua DPRD Payakumbuh, ternyata membawa amanah yang lebih tinggi. Serangkap surat keputusan bernomor 55/SK/DPP.PD/VIII/2014, telah dikantongi oleh Wilman Singkuan. Surat Keputusan tertanggal 28 Agustus 2014 itu menjadi azimat kuat bagi Wilman Singkuan sebab resmi ditandatangani langsung oleh Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat,  Ketua Harian Dr Syariefuddin Hasan dan Sekjen Edhie Baskoro Yudhoyono MSc.

Surat Keputusan itu sendiri telah diserahkan ke Sekretaris DPC Partai Demokrat Adi Suryatama oleh Wilman Singkuan. Sementara, DPC sendiri sampai berita ini diturunkan belum mengeluarkan rekomendasi yang harusnya sah menurut aturan perundang-undangan, tidak boleh rekomendasi DPP sekalipun.

Meski begitu, Adi Suryatama selaku jajaran pimpinan Partai Demokrat di Kota Payakumbuh, tetap mengalaskan dalam bahasa politik, ”Selaku jajaran partai, kita tentu akan patuh dengan keputusan tertinggi,” ujar pria muda yang cerdas itu.

Di dalam SK DPP Partai Demokrat dikatakan dalam pertimbangannya bahwa, memperhatikan hasil keputusan Rapat Pengurus Harian Terbatas Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat tanggal 12 Agustus 2014 tentang Rekomendasi Pimpinan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Barat.

DPP menetapkan rekomendasi untuk jabatan pimpinan DPRD Payakumbuh selaku Wakil Ketua dari Partai Demokrat kepada Wilman Singkuan. Surat ini dalam maklumat kedua disampaikan kepada Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kota Payakumbuh untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Wilman Singkuan sendiri yang dimintai pendapatnya, mengaku masih menunggu surat keputusan DPC Payakumbuh tentang dirinya selaku Wakil Ketua DPRD Payakumbuh.

”Kita tunggu saja, Insya Allah jika sudah garisnya tidak akan bergeser,” ujar Wilman Singkuan singkat via handphonenya. Saat ini seluruh anggota DPRD Payakumbuh tengah menunaikan tugas ke luar daerah guna segera merampungkan tugas Panitia Khusus Tata Tertib dan Kode Etik DPRD.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*