Kodim 0306/50 Kota Buka Areal Sawah Baru

Dandim 0306/50 Kota, Letkol Heri Sumitro SPd

Dandim 0306/50 Kota, Letkol Heri Sumitro SPd

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Limapuluh Kota membuka lahan persawahan. 70 hektar pertama kini sedang dikerjakan. Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Heri Sumitro SPd menginformasikan hal ini, Rabu (8/2) di Limapuluh Kota bahwa tengah dikerjakan areal persawahan 70 Ha dari target 1.200 Ha dibuka tahun ini.

”Untuk lokasi saat ini tengah kita kerjakan dengan alat berat, buldozer di daerah Lubuak Alai Kapur IX, Sungai Ipuah, Sitanang, Lareh Sago Halaban, serta di kawasan Maek. Program nasional kerjasama TNI dengan Kementrian Pertanian itu, dilaksanakan dengan optimalisasi oleh TNI, khususnya Kodim 0306/50 Kota,” ujar Dandim Letkol Heri Sumitro SPd bersama Danramil 07 Kapur IX Kapten Luud Guntono.

Target awal, sudah akan tercetak sawah di kawasan Lubuak Alai dalam waktu dekat. 3 eskavator sudah mulai bekerja di sana. Diperkirakan tidak sampai April petani yang di kelompok taninya masing-masing sudah mulai menanam sawah.

Areal persawahan yang terdiri dari lahan rawa dan awalnya tidak tergarap ini, segera akan berproduksi. Disyaratkan areal persawahan yang ada harus pula dilengkapi dengan sarana irigasi agar tidak bersifat tadah hujan.

Khusus areal persawahan yang dibuka di Maek, memang berstruktur tanah keras. Sementara di Sitanang, terdiri atas lahan campuran, keras dan lunak.

”Program ini sendiri sudah dikoordinasikan dengan Kodam dan pihak provinsi. Jadi pelaksanaannya terjamin dan menggunakan alat, fasilitas yang terdata dengan baik,” kata Dandim.

Secara nyata atas kesepakatan bersama Panglima TNI dengan Presiden Jokowi menjadikan ketahanan pangan sebagai garda terdepan sukses pembangunan, maka TNI seluruhnya ikut berprogram meningkatkan produksi pangan daerah. Termasuk di Limapuluh Kota disemangati dengan kinerja TNI Kodim 0306/50 Kota yang membuka areal persawahan baru di berbagai lokasi.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*