Kodim 0307/Tanah Datar Gelar Latihan Posko I Penanggulangan Bencana

Kodim 0307/Tanah Datar Gelar Latihan Posko I Penanggulangan Bencana

Kodim 0307/Tanah Datar Gelar Latihan Posko I Penanggulangan Bencana

Advertisements

Padangpanjang, PADANG-TODAY.com-Kodim 0307/TD  menggelar Latihan Posko I penanggulangan bencana yang dipusatkan di aula Makodim 0307/TD, Rabu (20/4) kemarin.

“Pelaksanaan latihan ini merupakan bentuk nyata dalam  membantu  Pemerintah Daerah di wilayah Tanah Datar jika terjadi bencana di kabupaten Tanah Datar nantinya, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 20-22 April 2016,” kata Komandan Kodim 0307/TD Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro.

Dandim menyampaikan, Latihan Posko I  penanggulangan bencana tersebut melibatkan berbagai pihak yaitu BPBD, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Tagana, Sat Pol PP dan Pemda Tanah Datar.

“Kegiatan ini tentunya melibatkan berbagai pihak, tidak bisa Kodim bekerja sendiri, harus bekerjasama,” ujarnya.

Dandim menambahkan, tujuan dilaksanakannya Geladi Posko tersebut adalah Kodim 0307/TD sebagai satuan teritorial yang dipimpin oleh Dandim. Ia berharap dengan cepat mengendalikan atau mengambil keputusan untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada Pemda dalam hal ini adalah penanggulangan bencana.

“Jadi begitu ada bencana, banjir misalnya, kita bisa langsung bergerak cepat membantu masyarakat,” katanya.

Dandim menambahkan, tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengantisipasi terjadinya bencana. selain itu, kita juga harus tingkatkan kordinasi dengan lintas instansi lainnya.

Sementara itu Danrem 032/Wirabraja yang diwakili Kasi Operasi Kolonel Wawan Herawan menekankan, kesungguhan peserta dalam latihan sehingga mampu mencapai hasil yang diinginkan.

“Mamfaatkan kesempatan ini, ambil pelajaran dan ilmu dari latihan ini, selanjutnya jalin kerjasama hingga berlanjut pada kegiatan nayat sehari-hari,dan terutama  terwujudnya kemauan saling memberi hal yang baik kepada satu sama lainnya. Marilah kita optimalkan bekal latihan baik materi ataupun teori serta aplikasinya sehingga ada akhirnya kita dapat menjalankan tugas di lapangan secara profesional,” sebut Wawan.

Tampak hadir di kegiatan itu, Kepala Kesbangpol Tanah Datar Irwan, Sekretarsi BPBD Tanah Datar Marfen Yendri dan jajaran Koramil se–Tanahdatar.(rel/Penrem 032/Wbr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*