Kodim 0308 Pariaman Peringati Hari Juang Kartika ke 70

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM-“Robek robeklah badanku, potong potonglah jasadku ini, tetapi jiwaku yang dilindungi benteng merah putih akan tetap hidup, tetap menuntut bela siapapun lawan yang kuhadapi” inilah pesan Jendral Sudirman yang dibacakan oleh Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf. Persada Alam pada peringatan Hari Juang Kartika ke 70 tahun 2015, di Pantai Gandoriah kota Pariaman, selasa (15/12).

Advertisements

Selain membacakan pesan-pesan dari sang Jendral Besar Sudirman, Dandim 0308 Pariaman juga membacakan amanat Kepala staf TNI Angkatan Darat yang menyampaikan bahwa Hari Juang Kartika yang di peringati hari ini, juga terkait erat dengan salah satu peristiwa bersejarah tentang kebersamaan nyata TNI AD dengan rakyat. Pada tanggal 15 Desember 1945, di kota Ambarawa, Jawa Tengah, para pejuang pendahulu TNI AD bahu membahu bersama rakyat mempertahankan setiap jengkal tanah dari ancaman musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi.

Episode perjuangan yang kemudian dikenal dengan palagan Ambarawa inilah, yang kemudian ditetapkan sebagai tonggak Hari Juang Kartika. Palagan Ambarawa telah mejadi tonggak sejarah perjuangan TNI AD dalam melindungi keselamatan bangsa, menegakkan kedaulatan negara, serta mejaga keutuhan NKRI. Dari peristiwa heroik ini, kita mendapatkan teladan nyata dari para pahlawan bangsa tentang bagaimana menjalankan setiap penggilan tugas Negara. Semangat juang seperti inilah yang selayaknya terus digelorakan dalam jiwa dan ditanamkan dalam hati sanubari setiap Prajurit TNI AD. Untuk itu selanjutnya Kasad menyampaikan bahwa TNI adalah Rakyat dan Rakyat adalah TNI, serta Rakyat Indonesia adalah ibu kandung TNI. Bagi TNI AD, penekanan tersebut akan selalu relevan dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas. TNI AD tidak hanya tentara yang lahir dan terbentuk dari rakyat pejuang, tetapi selalu dan akan terus berjuang bersama rakyat. Sejarah telah membuktikan bahwa selama 70 tahun masa pengabdiannya, TNI AD tidak dapat dilepaskan dari rakyat.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyampaikan dengan momentum peringatan Hari Juang Kartika ke 70 ini, kita mantapkan jatidiri TNI AD dan Kemanunggalan TNI dan Rakyat, guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, sesuai dengan tema yang dibuat oleh Kodim 0308 Pariaman. Selain itu, Mukhlis Rahman juga menyampaikan selamat kepada seluruh personil TNI AD yang ada di Kota Pariaman dalam memperingati Hari Juang Kartika ke 70 di tahun 2015 ini.

“Dengan adanya kemanunggalan TNI AD dan rakyat selama ini, diharapkan stabilitas keamanan yang selama ini tercipta dapat terus terjaga. Dan hubungan baik antara TNI AD dan Pemerintah Kota Pariaman yang telah terhubung baik selama ini, semakin kita tingkatkan. Bersama rakyat, TNI kuat”, tukas Mukhlis Rahman.

Setelah upacara diadakan uji ketangkasan bongkar/pasang senjata berbagai tipe dan parade defile pasukan peserta upacara. Acara ini dihadiri oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Asisten I Administrasi Pemerintahan Umum Kabupaten Padang Pariaman Anwar, Kapolres Kota Pariaman AKBP Rico Junaldi S.I.K, Kapolres Kabupaten Padang Pariaman AKBP Roedy Yoelianto, Perwira Kodim 0308 Pariaman dan jajarannya, serta peserta upacara yang terdiri dari Pasukan dari Kodim 0308 Pariaman, Polres Pariaman, Satpol PP Kota Pariaman, Relawan Bela Negara dan Dinas Perhubungan serta FKPPI Pariaman. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*