Kol Tumbuh Subur Dipesisir Pantai

Advertisements

Padang-today.com____Setelah berhasil menanam tanaman kol seluas satu hektar, masyarakat di Korong Parik, Nagari Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat itu akan menambah luas tanaman seluas 10 hektar.

“Sebelumnya di daerah ini hanya menanami Jagung, namun setelah melihat peluang yang ada, akhirnya kami memberanikan diri untuk menanami kol hasil riset PT. Panah Merah dari Purwokerto tersebut,” kata Pengusaha pertanian, Trandi Afandi, Selasa (28/8/2018) di Ulakan Tapakis.

Ia mengatakan, biasanya masyarakat beranggapan bahwa tanaman kol atau kubis ini bisa ditanam di daerah yang kondisi tanahnya subur atau cuacanya sejuk.

“Penanaman Kol di area dataran rendah ini perdana ditanam di daerah Padang Pariaman dan di Pesisir Selatan juga sudah mulai dikembangkan,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, melihat hasil tanaman ini yang sangat baik perkembangannya, maka juga akan ditanam seperti tanaman lainnya, seperti Labu Kuning, Melon dan Bawang merah.

“Masyarakat tidak lagi kebingungan memilih tanaman holtikultura. Ladang usaha mata pencaharian perekonomian mereka semakin banyak, sehingga memudahkan peningkatan kesejahteraan nantinya”

Sementara itu, Walinagari Tapakis, Soni Aprison menyampaikan tidak percaya sejenis tumbuhan kol atau kubis bisa tumbuh subur di daratan panas dan rendah ini. Setelah dibuktikan Pengusaha yang bekerjasama dengan PT. Panah Merah tersebut, akhirnya keraguan itu sudah terbukti dengan hasil tanaman itu.

“Jika masyarakat lain melihat keberhasilan ini, tentunya menjadi motivasi masyarakat juga menggarap lahan yang banyak tidak dipakai itu menjadi tanaman kol atau kubis,” ujarnya.

Seterusnya, kata dia, pihaknya akan memanfaatkan BUMNAG untuk pengembangan pertanian holtikultura ini. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kedepan,” tutupnya. (suger)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*