Kombes Pol Mengimbau Agar Warga Lebih Waspadaan Saat Mudik

ilustrasi mudik

ilustrasi mudik

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Menjelang hari Idul Fitri, warga berbondong-bondong pergi meninggalkan Jakarta untuk pulang ke kampung halaman. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan pada momen mudik ini, khususnya yang mudik dengan menggunakan angkutan umum.

“Bagi pemudik yang menggunakan angkutan umum disarankan agar tak menggunakan perhiasan dan memamerkan barang mewah yang mencolok di muka publik,” ujar Mohammad Iqbal kepada wartawan di ruangannya, Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (2/7).

Lebih lanjut Iqbal mengatakan agar para pemudik sebisa mungkin membawa makanan masing-masing.

“Pemudik agar sebisa mungkin membawa makanan masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap modus kejahatan pembiusan yang menggunakan makanan untuk melumpuhkan atau membius,” ujarnya.

“Keuntungannya bawa makanan sendiri kan juga lebih terjamin kebersihannya,” jelasnya dengan tersenyum.

Selain itu, Iqbal menyarankan agar tidak terpusat pada pengelihatan seseorang. Sebab, modus tersebut merupakan hipnotis pelaku kepada korban.

“Jangan terlalu lama menatap mata seseorang di keramaian ketika mudik. Di samping itu, bermudik bersama dengan teman atau anggota keluarga menurutnya jauh lebih aman dibanding sendirian,” pungkasnya

(dan/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*