Komponen Hankam, Dandim Komit Aktifkan Peran FKPPI

Dandim 0307 Tanahdatar Letkol AMR Bagus Tri Kuntjoro, Ketua FKPPI Padangpanjang Muji Siswanto, Wakil Ketua PD III FKPPI Sumbar Herryzal AA dan sejumlah anggota FKPPI kota setempat usai temu ramah baru-baru ini di Aula PDAM Padangpanjang.

Dandim 0307 Tanahdatar Letkol AMR Bagus Tri Kuntjoro, Ketua FKPPI Padangpanjang Muji Siswanto, Wakil Ketua PD III FKPPI Sumbar Herryzal AA dan sejumlah anggota FKPPI kota setempat usai temu ramah baru-baru ini di Aula PDAM Padangpanjang.

Advertisements

Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Forum Komunikasi Putra Putri TNI/Polri (FKPPI) harus mempertahankan komitmen dan membangun jati diri sebagai kekuatan komponen pendukung pertahanan dan keamanan negara, serta komponen strategis dalam menjaga dan memelihara stabilitas dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Komandan Kodim (Dandim) 0307 Tanahdatar, Letkol AMR Bagus Tri Kuntjoro menyebutkan eksistensi generasi muda FKPPI tidak hanya dipandang sebagai salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari generasi muda penerus bangsa. Namun juga menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga besar TNI-Polri, yang kejelasan dedikasi dan kesamaan persepsinya diarahkan bagi kepentingan membangun dan mengatasi segala persoalan masyarakat secara umum.

“Cukup banyak peran yang bisa dimainkan kader FKPPI, karena mereka memiliki potensi besar untuk dapat membangun daerah ke depan. Selain keberadaan yang jelas, juga memiliki sikap, pola pikir dan pola tindak terarah berkat kedisiplinan yang terbentuk secara alami dari keluarga sebagai “anak kolong” TNI/Polri,” ujar Bagus di Padangpanjang, Senin (25/5) ini.

Terkait komitmen FKPPI Padangpanjang serta Tanahdatar, lulusan Sesko 2012 itu bertekad membaur bersama masyarakat sebagai bentuk peran serta mitra pemerintah dalam percepatan pembangunan. FKPPI Tanahdatar dan Padangpanjang, ke depannya ditegaskan lebih menggiatkan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai salah satu upaya mengembalikan jati diri organisasi.

“Khusus di Padangpanjang, keberadaan dan peran FKPPI semestinya dapat lebih terlihat. Mengingat sejumlah kader FKPPI ada yang duduk sebagai wakil rakyat di DPRD. Kami sudah sampaikan kepada para kader FKPPI di sini untuk mengagendakan berbagai kegiatan sosial, guna menunjukkan kepedulian dan keberadaan organisasi sebagai mitra pemerintah,” tutur Bagus.

Anggota DPRD Padangpanjang dari PAN, Hukemri dihubungi terpisah menyebut FKPPI pada dasarnya bersifat “generative”. Baik dari aspek psikologis dan kultural sebagai inti dari pola pembinaan peran dan fungsi FKPPI. Selama TNI berdiri sebagai garda terdepan bangsa dan benteng terakhir Indonesia, maka selama itu pula FKPPI harus menjadi garda penerus bangsa, yang memiliki militansi, nasionalisme dan semangat juang dengan misi membangun dan membantu menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan.

“FKKPI harus berperan menjadi penjuru dalam membangun kembali karakter dan jatidiri bangsa yang berlandaskan empat pilar kebangsaan. Dalam konsep Sishanta, FKPPI adalah unsur utama dari komponen cadangan pertahanan negara dalam rangka mempertahankan stabilitas dan integritas NKRI dalam menghadapi ancaman non-militer yang berdimensi ideologi, politik, dan sosial budaya,” ungkap Hukemri melalui selulernya. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*