KONI Sumbar Bakal Pangkas Atlet

PADANG,PADANGTODAY.COM-Ratusan atlet Sumbar yang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) posisinya belum aman untuk diberangkatkan, terutama atlet yang hanya lolos versi Pengurus Besar atau pusat masing-masing, soalnya KONI sebagai induk oragniasasi olahraga akan mengevaluasi semua atlet yang lolos PON ini.

Advertisements

Saat ini, sekitar 407 atlet Sumbar sudah mendapat tiket PON, namun dari data KONI yang diterima dari PB/PP masing-masing cabang olahraga, separuh dari atlet ini hanya lolos di peringkat terbawah.

“Kita akan mengevaluasi atlet yang lolos PON. Soalnya, dengan banyaknya atlet yang lolos ini tentu berpengaruh keanggaran. Intinya, kami berencana memberangkatkan atlet yang benar-benar punya peluang besar meraih medali di PON,” ujar Ketua Umum KONI Sumbar Syahrial Bakhtiar.

Rencananya KONI akan menerapkan sistem yang sama dengan PON sebelumnya, di mana atlet yang akan diberangkatkan itu mereka yang menduduki posisi 1-4 di Kejurnas Pra PON dan medali emas serta perak di Porwilatau atlet yang masuk pembinaan khusus KONI
Pusat yang berada di Pelatnas.
Kata Syahrial, bila tetap dipaksakan semua atlet diberangkatkan ke PON, anggaran sebesar Rp30 miliar ini tidak cukup. Riau dan beberapa daerah lain yang memiliki anggaran sekitar Rp100 miliar juga membatasi atletnya berangkat.

Hal ini dilakukan, selain untuk efisien angaran juga untuk menjalankan program untuk atlet yang diharapkan mewujudkan target 1 emas di multieven terbesar di nasional ini.

“Kita berharap semua cabor memahami situasi ini, karena dengan adanya ketegasan tentu target kita di PON akan bisa tercapai,” terangnya.

KONI berdalih pengurangan jumlah atlet ini dilaklukan dengan alasan untuk efektifitas capaian target dan efisiensi anggaran.
Ditambahkan, sebelum membuat keputusan ini, KONI akan melakukan komunikasi degan masing-masing Pengurus Cabang Olahraga untuk mengurangi atlet yang tidak masuk dalam kriteria yang telah ditetapkan.

“Ada yang lolos dengan mendapatkan medali dan ada yang lolo dengan mendapatkan kuotan dari induk olahraga. Untuk saat ini, KONI sedang mendata atlet-atlet yang lolos PON. Kami komunikasikan langsung dengan KONI dan cabang olahraga,” terangnya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*