Konsumsi Makanan Ini Untuk Tangkal Stres

bijilabuPADANGTODAY.com – Semua orang pasti pernah merasakan stres. Baik itu stres yang disebabkan oleh pekerjaan, kebosanan, masalah rumah tangga, masalah dengan sahabat atau rekan kerja. Stres tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan mental, tetapi juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Salah satu efek negatif dari stres adalah bertambahnya berat badan.

Advertisements

Namun jangan khawatir, jika Anda ingin mengatasi stres sekaligus menurunkan berat badan, ada cara alami dan mudah untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa makanan enak yang bisa Anda konsumsi untuk menghalau stres tanpa khawatir berat badan bertambah, seperti dilansir oleh Fit Sugar (16/07).

1. Telur
Telur yang kaya akan vitamin B dan D adalah makanan yang baik dikonsumsi di pagi hari. Protein yang ada di dalamnya akan membuat mood Anda lebih seimbang serta mencegah tingkat gula darah melonjak selama seharian. Selain itu, mengonsumsi telur di pagi hari juga salah satu cara terbaik untuk menjaga berat badan.

2. Ikan
Ikan tak hanya sumber protein yang baik, melainkan juga dipenuhi oleh asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan jantung, serta meningkatkan fungsi kognitif. PEneliti Joe Hibbeln dari National Institute of Health menjelaskan bahwa omega-3 yang terkandung dalam ikan bisa menurunkan stres.

3. Biji labu
salah satu efek samping dari stres adalah terganggunya kualitas tidur. Untungnya ada biji labu yang akan membantu Anda menangkal stres sekaligus meningkatkan kualitas tidur. L-tryptophan yang ada dalam biji labu akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Biji labu juga mengandung omega-3 dan magnesium yang membantu menghalau stres dan meningkatkan mood.

4. Cokelat hitam
Siapa yang tak suka cokelat? Makanan penutup ini tak hanya enak tetapi juga salah satu makanan yang bisa menghilangkan stres Anda. Tapi pilihlah cokelat hitam, jangan cokelat yang sudah banyak dicampur dengan gula. Cokelat yang terlalu banyak mengandung gula justru bisa meningkatkan gula darah dan membuat Anda lebih stres. Berbeda dengan cokelat hitam yang kaya flavonoid dan membuat Anda bebas stres.

5. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau dan hijau gelap seperti kale diketahui sebagai makanan yang tak hanya sehat tetapi juga bisa menangkal stres. Sayuran yang kaya serat ini dipenuhi nutrisi yang bisa menghalau stres seperti vitamin A, K, dan potasium.

Itulah beberapa makanan enak yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan stres dan memperbaiki mood. Beberapa bisa dikonsumsi dalam masakan, sementara lainnya bisa Anda nikmati sebagai camilan yang enak. Tak hanya menghalau stres, makanan di atas juga bisa membantu menurunkan berat badan!

(fsr/mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*