Kontingen Pramuka Payakumbuh Dilepas Walikota ke Jamnas X Cibubur

Kontingen Pramuka Payakumbuh Dilepas Walikota ke Jamnas X Cibubur

Kontingen Pramuka Payakumbuh Dilepas Walikota ke Jamnas X Cibubur

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kontingen Pramuka Payakumbuh berkekuatan 49 penggalang dan pembina dilepas Walikota Payakumbuh H Riza Falepi menuju Jambore Nasional X Cibubur, Jakarta. Acara pelepasan kontingen tersebut digelar di halaman Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga di Medan nan Bapaneh Payakumbuh, Selasa (9/8). Rombongan Pramuka Payakumbuh ini akan bergabung dengan kontingen 18 kota/kabupaten Sumbar lainnya untuk berkonvoi ke Jakarta melalui jalan darat.

Di Dharmasraya, rombongan Pramuka Sumatera Barat itu akan dilepas Gubernur Sumbar dan secara bersama-sama berangkat menuju bumi perkemahan Cibubur. Jambore Nasional X 2016 tersebut akan berlangsung dari tanggal 14 sampai 21 Agustus 2016. Saat melepas kontingen Pramuka Payakumbuh hadir Kakwarcab 0314 Payakumuh diwakili Drs H Syafrudin, Kadisdik H Hasan Basri, Kadisparpora Syahnadel Khairi, serta pengurus Kwarcab 0314 dan orang tua murid.

Disampaikan Walikota Riza Falepi selaku Kamabicab Pramuka Payakumbuh dalam sambutannya, Pramuka adalah salah satu metode dalam menciptatkan generasi muda yang tangguh, serta terampil dalam menghadapi tantangan global di masa yang akan datang. Namun hal tersebut tidak akan mudah dicapai apabila masing-masing pihak baik itu keluarga, masyarakat, serta pemerintah tidak berkolaborasi bersama-sama untuk mencurahkan perhatian dalam melakukan pembinaan secara terus-menerus.

Karena itu, menurut Walikota, gerakan pramuka merupakan sebuah wadah pembentukan karakter generasi muda yang memiliki pengaruh di masyarakat. Walikota Riza Falepi juga mengharapkan disamping jiwa pramuka, diharapkan bisa terbentuk jiwa-jiwa wirausahawan. Semangat berwira usaha adalah salah satu bentuk kaum muda dalam mengisi pembangunan bangsa, khususnya Kota Payakumbuh.

“Kaum muda yang memiliki semangat berwirausaha dan berusaha mandiri akan mampu membuat Payakumbuh lebih maju dalam menggerakkan roda pembangunan di bidang perekonomian,” ungkap Riza Falepi.

Kepada pimpinan rombongan H Syafruddin dan seluruh rombongan kontingen diajak Walikota untuk bersinergi dalam mengikuti seluruh kegiatan jambore Nasional.

“Jaga nama baik daerah dan semoga dari seluruh perlombaan yang diikuti, di antaranya mampu dibawa pulang ke Payakumbuh,” ingat Walikota.

Rombongan Pramuka Payakumbuh itu, seperti dilaporkan pimpinan rombongan Syafruddin, terdiri dari 32 orang penggalang (16 putra dan 16 putri), serta 17 pembina. Selama 6 bulan sebelumnya, seluruh pramuka telah menjalani  pemusatan latihan, mengasah seluruh kemampuan yang akan dilombakan selama jambore nasional.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*