Kontrol Rasa Lapar Dengan Lima Makanan Enak Ini

Rumput Laut.

Rumput Laut.

Advertisements

PADANGTODAY.com- Nafsu makan dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari keadaan fisik hingga emosi. Nafsu makan yang liar tentu bisa menyulitkan banyak orang, terutama yang berniat menurunkan berat badan. Nafsu makan yang liar dan rasa lapar seringkali disebut sebagai masalah utama yang membuat orang gagal kurus.

Jika Anda juga memiliki nafsu makan yang tak mudah dijinakkan, jangan khawatir. Ada cara yang enak untuk mengatasinya, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda mengusir rasa lapar, seperti dilansir oleh Daily Health Post (1/11).

1.Raspberry

Buah berry memang diketahui mengandung banyak sekali manfaat dan antioksidan. Namun raspberry lebih dikenal dengan kemampuannya untuk mengontrol nafsu makan. satu cangkir raspberry beku hanya mengandung 80 kalori dan sembilan gram serat. Serat dalam buah ini akan membuat orang merasa kenyang lebih lama dan menurunkan keinginan ngemil.

Raspberry juga kaya akan vitamin C, mangan, dan potasium. Sebagai tambahan penelitian mengungkap bahwa nutrisi dalam raspberry bisa memberikan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan kondisi kronis lainnya.

2.Rumput laut

Rumput laut lebih dari sekedar kudapan atau hiasan untuk masakan. Rumput laut bisa membantu Anda menekan rasa lapar dan mengontrol nafsu makan yang liar. Rumput laut saat ini dikenal dengan kemampuannya membantu menurunkan berat badan. Rumput laut juga diketahui mengandung banyak protein dan serat.

Peneliti di Jepang menemukan bahwa pigmen pada rumput laut bernama fucoxanthin bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan di Hokkaido University dan dilakukan pada tikus ini menemukan bahwa zat tersebut membantu membakar lemak lebih cepat.

3.Kacang pistachios
Kacang pistachios dan jenis kacang lainnya memang cukup mengejutkan jika masuk di daftar ini. Namun penelitian telah membuktikan bahwa kacang bisa mengurangi rasa lapar dan mengontrol berat badan. Alasannya karena kacang membuat orang merasa kenyang lebih lama, dan kalori dalam kacang tak seluruhnya diserap oleh tubuh.

Anda bisa mengonsumsi kacang pistachios dengan menambahkannya pada sereal, yogurt, bahkan pada makanan penutup. Meski begitu sebaiknya berhati-hatilah dengan lemak dan kalori dalam kacang.

4.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat cocok untuk mencegah lapar dan mengontrol nafsu makan. Ini karena kacang-kacangan mengandung banyak serat, zat tepung, dan protein yang lama dicerna tubuh. Penelitian di Journal of Human Nutrition and Dietetics menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan lebih cepat menurunkan berat badan dengan mengonsumsi kacang-kacangan.

Selain itu, penelitian pada jurnal Obesity juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu cangkir kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil, dan lainnya merasa 31 persen lebih kenyang dibandingkan dengan orang yang makan makanan lain.

5.Telur

Telur adalah makanan lain yang ampuh untuk menekan nafsu makan dan mengusir lapar. Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical nutrition menemukan bahwa orang yang makan telur di pagi hari berkemungkinan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang harinya. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa makan telur bisa mengontrol rasa lapar selama 24 jam.

Itulah beberapa makanan yang bisa diandalkan untuk mengontrol nafsu makan dan mengusir rasa lapar. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan tersebut ketika nafsu makan mulai lair dan sulit dikendalikan.(dil/dh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*