Koperindag Pariaman Lakukan Pemutakhiran Data Koperasi

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM-Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Pariaman mengelar Pemutakiran data Koperasi yang dilaksanakan di SMK Global (Yayasan Genius Global Madani) di Desa Ampalu Kota Pariaman, Selasa (1/12).

Advertisements

Asisten 1 Tata Praja Khaidir, mengatakan, koperasi suatu gerakan yang tumbuh dari bawah, yang dibentuk oleh masyarakat, namun demikian, bila ditempuh pola pendekatan top dwon maka pemerintah daerah selalu berupaya untuk mengembangkan usaha koperasi melalui berbagai fasilitasi, sehingga penguatan koperasi dapat lebih meningkat dan secara kelembagaan koperasi dapat lebih memperlihatkan jati dirinya.

Melalui kegiatan pemuktahiran data perkoperasian di Kota Pariaman yang dilaksanakan pada hari ini bertujuan untuk mendukung proses penyusunan kebijakan dibidang perkoperasian di kota pariaman, terutama program pemberdayaan koperasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Koperasi juga sebagai lembaga ekonomi yang efektif dalam pemberdayaan dan permulihan ekonomi yang perlu kita prioritaskan.

“Kami harapkan kepada saudara saudara selaku pengurus koperasi untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, serta lebih teliti terhadap gambaran perkembangan koperasi yang dikelola dari tahun ke tahun. Jangan ada lagi Koperasi yang hanya atimbul ketika ada bantuan atau pembinaan saja”, tukas Khaidir.

Kepala Dinas Koperindag Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit mengatakan kegiatan pemuktahiran data koperasi merupakan media bagi pengurus dalam menyampaikan progress dan hasil kerja yang telah dicapai selama satu tahun berjalan. Sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban atas amanah yang diemban atas pengelolaan koperasi. Peserta pemuktahiran data koperasi berasal dari pengurus koperasi berasal dari pengurus gerakan koperasi yang ada di kota pariaman, sebanyak 85 unit. Saat ini Koperasi yang ada yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) baru sebanyak 40 unit yang berarti kinerja pelaksanaan RAT Kota Pariaman sebesar 68% melebihi rata-rata capaian kinerja pelaksanaan RAT Provinsi Sumbar yang hanya 58%, tandasnya.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*