Koreografer Australia Pukau Civitas ISI Padangpanjang

Selain Tari Modern, Tampilkan Silek dan Tari Piring

Penampilan Tasdance- oshua dan Tamara saat melakukan kunjungan ke ISI Padangpanjang.

Penampilan Tasdance- oshua dan Tamara saat melakukan kunjungan ke ISI Padangpanjang.

Padangpanjang, PADANGTODAY.COM -Penampilan Tasdance Australia berhasil memukau civitas akademika ISI Padangpanjang di gedung Hoerijah Adam Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang pada senin (26/10). Penampilan ini merupakan kegiatan kerjasama antara ISI Padangpanjang dengan seniman tari Tasdance asal Australia yaitu Joshua Lowe, salah seorang koreografer muda asal Australia yang juga mengajar para penari muda di negara asal Kanguru tepatnya di kota Tasmania dan Melbourne, Australia.

Penampilan yang sempat memukau penonton terutama Civitas akademika ISI Padangpanjang ini menampilkan 3 buah pertunjukan.  2 buah pertunjukan merupakan pertunjukan Silek dan tari piring yang langsung diperagakan oleh Joshua Low dan Tamara Mladenovic asal Serbia. Penampilan ini cukup mendapatkan apresiasi dari penonton. Pertunjukan tari lainya adalah pertunjukan tari modern dengan judul “HAMBA” yang dikoreograferi langsung oleh joshua dengan penari yang berhasil .

Sebelumnya disebutkan oleh Kurniasih Zaitun selaku ketua lembaga International Office (IO) ISI Padangpanjang bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk kerjasama institusi dengan seniman internasional. “ini Merupakan bentuk kerjasama ISI Padangpanjang dengan seniman tari Tasdance asal Australia” sebut Kurniasih yang akrab disapa Tintun.

Dijelaskan juga bahwa kegiatan ini adalah puncak  rentetan kerjasama yang sebelumnya telah dilaksanakan. Tiga bentuk kerjasama tersebut yaitu Kerjasama dalam bentuk Residensi, dimana Joshua Lowe belajar tari tradisi Minangkabau (Silat, Randai, Tari Piring, Tari Salam Siobaik) selama 3 bulan berada di ISI Padangpanjang. Kerjasama dalam bentuk Workshop, dimana Joshua lowe memberikan materi kepada mahasiswa/i jurusan tari tentang tari modern yang ia kuasai. Hal ini mewujudkan kerjasama dalam bentuk sharing ilmu, kemampuan koreografi dan kepenarian yang dimiliki Joshua Lowe kepada mahasiswa ISI Padangpanjang. Kerjasama dalam bentuk pertunjukan tari, dimana Joshua akan menampilkan tarian yang ia pelajari selama di ISI Padangpanjang dan juga akan menampilkan karya tari yang dikoreografi oleh Joshua Lowe sendiri dengan penari dari mahasiswa/i yang lulus audisi dari jurusan tari ISI Padangpanjang.

Selain itu, Arif salah seorang mahasiswa pascasarjana ISI padangpanjang juga menyebutkan bahwa dengan diadakannya kerjasama seperti ini tentu akan memberikan dampak positif bagi nama baik ISI Padangpanjang dan akan membuka jalan untuk ke kancah seni Internasional. Selain itu kebudayaan-kebudayaan lokal bisa menglobal dan dikenal secara internasional.

“kita berharap dengan adanya kerjasama-kerjasama seperti ini tentu mendapatkan dampak positif bagi mahasiswa ISI padangpanjang, dengan adanya seniman-seniman yang berasal dari luar negri,kita semua dapat berbagi ilmu dan pengalaman terutama dibidang seni” sebut Arif. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*