Kota Padang Panjang Bakal Kirim Siswa Keluar Negeri

Padangpanjang, padangtoday – Walikota Padang Panjang Hendri Arnis, BSBA merencanakan pertukaran pelajar dari sekolah yang ada di kota itu keluar negeri. Tujuannya untuk mempersiapkan generasi mendatang berwawasan internasional.

Advertisements

“Kalau ingin merasakan sekolah di negeri orang, dengan waktu yang relatif singkat. Maka program pertukaran pelajar salah satu solusinya. Dalam kegiatan pertukaran pelajar, itu ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh anak anak kita,” kata Hendri Arnis, di ruang kerjanya baru baru ini.

Disebutkan, Bersekolah satu semester di luar negeri pasti akan memperluas jaringan pergaulan anak anak. Sebab, teman-teman yang mereka temui memiliki latar belakang keluarga berbeda.

Selanjutnya, kata Wako, selama beberapa bulan di negeri orang, otomatis mengharuskan anak anak mempelajari budaya negeri orang. “Berada di negeri orang selama beberapa waktu akan memberikan pengalaman berharga tentang hidup dalam keberagaman budaya,” tambahnya.

Untuk menindaklanjuti rencana ini, Hendri Arnis telah memberikan kesempatan kepada Dinas Pendidikan Padang Panjang mencari sekolah di luar negeri yang akan dijadikan mitra pertukaran pelajar.

“Saya sudah minta Diknas memilih sekolahnya. Jika sudah dapat segera kita jalin kerjasama antar pemerintah terlebih dahulu,” ujar Wako.

Sementara, Kadisdiknas Desmon mengatakan, pihaknya akan merintis pertukaran pelajar dan guru lebih luas lagi. “Jika kelak terjalin kerjasama ini, akan diutus siswa asal Padang Panjang sekitar 50 orang setahun ke luar negeri,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*