Kota Pariaman Resmikan Nama Jalan H. Bagindo Dahlan Abdullah

Peresmian Jalan H. Bagindo Dahlan Abdullah

Peresmian Jalan H. Bagindo Dahlan Abdullah

Advertisements

Pariaman,PADANG-TODAY.COM—-Untuk mengenang jasa  H. Bagindo Dahlan Abdulah putra Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman beserta pemerintah provinsi Sumatera barat sangat mendukung pengusulan Bagindo Dahlan Abdullah menjadi pahlawan nasional.

“ pemerintah Kota Pariaman  kita wajib bangga karena ada salah satu pahlawan nasional yang turut memperjuangkan  Indonesia merdeka dari tangan pen­jajah”, ucap Wakil Walikota Genius Umar dalam relis Humas pada acara peresmian nama jalan yang bertempat di Penangkaran Penyu Manggung Kota Pariaman, sabtu (9/4).  

Saya meminta kepada generasi muda Kota Pariaman untuk dapat mencontoh  sosok Bagindo Dahlan Abdul­lah, terutama terhadap nilai-nilai kegigihan, semangat juang, serta tekad besar dalam menuntut ilmu yang setinggi- tingginya.

Dan saya berharap kedepannya kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya, dan penepatan nama jalan Dahlan Abdullah kita simpan di salah satu objek wisata Kota Pariaman di penangkaran Penyu manggung Kota Pariaman, diharapkan dengan adanya nama jalan di salah satu objek wisata ini bisa menjadi pertanyaan bagi wisatawan luar Sumatera mungkin luar negeri.

Sementara Itu kepala dinas sosial Sumatera Barat Abdul Gafar ia menjelaskan Kami akan terus mendukung H.Bagindo Dahlan Abdullah  untuk diusulkan menjadi pahlawan nasional, melihat perjuangannya, dan jasanya, ia sangat pantas mendapatkan gelar tersebut.

“di Sumatera Barat ada 14 orang pahlawan nasional yang sudah terdata di kementrian sosial, semoga Bagindo Dahlan Abdulah putra Pariaman bisa mendapatkan gelar pahlawan nasional”, ujarnya.

Bagindo Dahlan Abdullah adalah seorang pejuang kemerdekaan dan diplomat Indonesia yang lahir di Pasia, Pariaman, Sumatera Barat pada tanggal 15 Juni 1895. Bagindo Dahlan Abdullah meninggal di Baghdad, Irak tanggal 12 Mei 1950 pada umur 54 tahun. ujar  Malik Abdullah anak Bagindo Dahlan Abdulah.

Dahlah Abdullah adalah sosok diplomat sejati karena meninggal saat menjalankan tugas sebagai Duta Besar Republik Indonesia Serikat (RIS) untuk Kerajaan Irak dan Trans Yordania (termasuk Lebanon dan Syria) yang diangkat pada tanggal 8 April 1950. Tutupnya.

Pada kesempatan ini turut di hadiri DPRD Provinsi Sumatera Barat endarmy, darmon, ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, anggota DPRD Kota Pariaman, Sekda Kota Pariaman Armen, tamu dari Amerika dan Korea Selatan, keluarga Dahlan Abdulah, dan masyarakat Kota Pariaman.(rel/sgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*