Kota Pariaman Siap Laksanakan UNBK 100 Persen Tahun Ini

Penyampaian Nota Penjelasan DPRD Kota Pariaman

Advertisements

Padang-today.com__Tahun 2018 seluruh sekolah tingkat menengah pertama baik SMP/MTS negeri maupun swasta yang ada di Kota Pariaman sudah bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)”, ujar Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman,  Emri Joni.

UNBK tahun ini juga akan diikuti oleh peserta yang mengikuti paket B dan C kesetaraan wilayah Kota Pariaman”, lanjutnya.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali di Kota Pariaman dilaksanakan pada tahun 2017, pelaksanaanya masih dilakukan oleh siswa SMP saja di Kota Pariaman, berbeda halnya dengan tahun ini, seluruh SMP dan MTS akan melaksanakan UNBK.

Dikatakan lebih lanjut, banyak keuntungan yang dapat dirasakan dengan diadakannya UNBK ini, seperti dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan integritas menjadi lebih tinggi karena dapat meredam banyak kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional. Selain  itu dari sisi pembiayaan pun lebih irit.

Pria yang lahir pada 3 Desember 1972 tersebut menuturkan jumlah peserta yang akan mengikuti UNBK sebanyak 2.311 siswa dari 18 sekolah menengah pertama di Kota Pariaman. Sekolah tersebut terdiri dari sembilan SMP Negeri, dua SMP Swasta, tiga MTs Negeri dan empat MTs Swasta.

“Ada empat sekolah yang melaksanakan UNBK di masing-masing sekolahnya yaitu SMPN 1 Pariaman, SMPN 4 Pariaman, SMPN 5 Pariaman, SMPN 6 Pariman, sementara sekolah yang lainnya masih meminjam gedung labor di SMA ataupun SMK di Kota Pariaman, karena terkendala minimnya komputer yang dimiliki oleh masing-masing sekolah tersebut”, tambahnya.

Mata pelajaran yang diujikan pada UNBK tingkat SMP/MTS pada tanggal 23 April – 26 April 2018 terdiri dari bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris dan IPA.

Sementara itu staf bidang pendidikan non formal, Elvis Betrizon menjelaskan peserta UNBK paket B dan C kesetaraan sebanyak 241 orang. Untuk paket B berjumlah 85 orang sedangkan paket C sebanyak 156 orang.

“Peserta paket B dan C adalah peserta yang telah terdaftar di kelas akhir pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan juga terdaftar dalam peserta didik nasional”, tuturnya.

Dijelaskannya pula untuk Kota Pariaman ada enam PKBM yang melaksanakan UNBK, yang mana tempat pelaksaannya di SMP N 1 Pariaman dan SMP N 4 Pariaman, dengan jadwal paket B tanggal 4 Mei- 6 Mei 2018, sedangkan untuk paket C tanggal 27-30 Mei 2018.

Disinggung tentang persiapan menjelang UNBK, Elvis mengatakan, peralatan dan perlengkapan untuk penyelenggaraan UNBK sudah siap. Bahkan, pihaknya sudah melakukan dua kali simulasi untuk peserta SMP/MTs maupun peserta paket B dan C kesetaraan. Tujuan dari simulasi ini agar dapat melatih siswa dalam pelaksanaan teknis baik secara log in maupun menjawab pertanyaan.

“Seminggu sebelum pelaksanaan UNBK kami akan berkoordinasi dengan pihak PLN terkait listrik agar pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan lancar”, tambahnya.

“Kami berharap kepada peserta yang akan mengikuti UNBK agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya termasuk segi mental, fisik mengingat bahwa tahun sebelumnya tidak semua sekolah yang melaksanakan UNBK ini, dan kami berharap pelaksanaan UNBK mendatang dapat berjalan dengan lancar”. tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*