KPU: 25 Bacaleg Di Sijunjung Dinyatakan MS

   Padang-today.com – Sebanyak 25 orang bakal calon legislatif (bacaleg) diajukan partai politik di Kabupaten Sijunjung memenuhi syarat (MS).

Advertisements

“Hasil verifikasi dilakukan dari 402 bacaleg yang terdaftar, hanya 25 orang yang ms,”kata Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsah saat dihubungi dari Padang.

    Ia menjelaskan, bacaleg yang memenuhi persyaratan yakni 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.

“Sedangkan bacaleg tidak memenuhi persyaratan (BMS) sebanyak 377 orang dengan rincian, laki-laki sebanyak 237 orang dan perempuan 140 orang,”ujarnya.

Saat dilakukan verifkasi terhadap berkas Bacaleg ditemukan ada beberapa kekurangan

“Kebanyakan karena dokumen administrasi berupa legalisasi ijazah, berbeda nama di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan ijazah, gelar akademik dan adat yang tidak dicantum di riwayat hidup (model BB2) dan salah input pekerjaan di SILON,”jelas Lindo Karsah.

Kekurangan itu akan diberikan ke calon untuk diperbaiki, masih ada sisa waktu bagi caleg untuk melakukan perbaikan. Bacaleg yang terdaftar saat ini belum dimasukkan dalam daftar calon sementara (DCS), sehingga masih ada kesempatan untuk memperbaiki berkas.

    KPU akan memberikan waktu sampai tanggal 31 Juli 2018 bagi bacaleg untuk melengkapi persyaratan yang kurang.

   “Jika bacaleg n tidak lengkap dan tidak bisa memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan KPU sampai lewat waktu yang ditentukan, maka statusnya akan berubah menjadi tidak memenuhi syarat (TMS),”tegasnya.

Selama masa perbaikan Lindo menghimbau kepada para Bacaleg atau parpol agar secepatnya untuk melengkapi sebelum nantinya dimasukkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT).

Ia menyatakan, pimpinan partai politil untuk melengkapi manakalah terdapat bakal calon legislatif belum lengkap dokumen administrasinya.

  “Pimpinan partai politik peserta pemilu 2019 dan para bakal calon legislatif khususnya agar memperhatikan jadwal perbaikan agar tidak terlambat,”katanya.

  Ia menjelaskan, sebanyak 402 bacal dan akan bertarung memperebutkan 30 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sijunjung. Mereka merupakan perwakilan 14 partai politik dengan perincian,252 orang laki laki dan 150 orang perempuan.

“Dua parpol di Sijunjung tidak ada bacalegnya yakni PKPI dan Garuda,”ujarnya.

  Kabupaten Sijunjung ada tiga daerah pemilih (dapil) untuk memperebutkan kursi DPRD. Dapil 1 sebanyak 10 kursi, 8 kursi di Dapil 2, kemudian 12 kursi di Dapil 3. “Ketatnya persaingan perebutan kursi DPRD diminta parpol bersiang secara sehat dan jangan saling melemparkan isu fitnah atau dilarang dalam peraturan dan perundangan-undangan berlaku,”imbuh Lindo Karsah.(der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*