KPU BERIKAN DUA TANDA BUKTI PENYERAHAN BERKAS

Helmy Panuh datang ke KPU Sumbar untuk menyerahan syarat dukung sebagai balon anggota DPD-RI.

Advertisements

Padang-today.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar memberikan dua orang calon anggota DPD-RI diberikan tanda terima bukti penyerahan berkas dukungan persyatan bakal calon senator.

     “Mereka ini yakni Zul Evi Astar dan Muslim M Yatim,”kata Komisioner KPU Sumbar, Nurhadi Yetty di Padang.

     Ia menjelaskan, untuk Zul Evi Astar diberikan tanda bukti dimana berkas dukungan diberikan singkron dengan sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPP) KPU.

    Zul Evi Astar menyerahkan berkas dukungan sebanyak  4.785 lembar foto kopi KTP tersebar di 19 kabupaten dan kota Sumbar.

     Sedangkan calon anggota DPD-RI atas nama Muslim M Yatim berkasnya tadi (Senen 23/4) dilakukan perbaikan. Datang ke KPU Sumbar yakni Muhammad Hafiz Arief penghubung Muslim M Yatim. KPU memberikan tanda terima bukti kelengkapan berkas penyerahan berkas,”ungkapnya.

     Hari ini Senen (23/4) ada dua orang balon DPD- RI menyerahkan berkas dukungan sebagai syarat calon anggota DPD-RI, yakni Nurkholis dan Helmy Panuh.

    Helmy Panuh menyerahkan berkas dukungan sebanyak 3.361 tersebar di 16 kabupaten/kota di Sumbar, Nurkhalis sebanyak  2.578  lembar foto kopi KTP tersebar di 16 kabupaten/kota di Sumbar.

      Berkas mereka terpaksa dikembalikan karena ada kekurangan saat penyerahan berkas ke KPU Sumbar.

     Dari pemeriksaan petugas dimana berkas Nurkhalis tidak singkron SIPP dengan salinan.Dua kekurangan foto kopi KTP yakni Di Kabupaten Limapuluh Kota dan satu lagi di Kabupaten Solok Selatan. Sedang berkas dukungan Helmi tidak berdasarkan per nagari/kelurahan/desa. Berkasnya sudah sudah singkron,tapi susunan tidak berdasarkan per desa/nagari/kelurahan.

     “KPU mengembalikan berkas untuk segara di perbaiki oleh balon anggota DPD-RI,”jelas Nurhaida Yetty.

Ia menyatakan,KPU membuka jadwal penyerahan berkas dukungan berupa foto kopi KTP mulai 22-26 April 2017, pendaftaran ditutup hingga pukul 16.00 WIB, sedangkan khusus 26 April 2017 pendaftaran di tutup hingga pukul 00.00 WIB.

Syarat dukungan untuk calon anggota DPD berupa 2.000 foto kopi diserta tanda tangan.

    “Dukungan ini harus ditandatangani diatas materi Rp6.000 per kelurahan,”jelasnya.

    Ia menjelaskan, dukungan sebagaimana yang dimaksud harus tersebar di paling sedikit 50 persen dari jumlah kabupaten dan kota di provinsi yang bersangkutan.

     “Seorang pendukung tidak boleh memberikan dukungan kepada lebih dari satu orang calon anggota DPD serta melakukan perbuatan curang untuk menyesatkan seseorang dengan memaksa,” jelasnya.

Sementara Helmy Panuh menyatakan berkas dukungan berupa sebanyak 3.361 foto kopi KTP.

    “Dukungan tersebut tersebar di 16 kabupaten/kota di Sumbar,”katanya. (nat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*