KPU Distribusikan Logistik Pilkada 2018

Photo Ilustrasi Kotak Suara Pemilihan Umum

Advertisements

Padang-today.com__Sebanyak 155 kotak suara siap didistribusikan keseluruh TPS di Kota Pariaman. Pendistribusikan akan dilaksanakan pada hari Selasa 26/06/2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman.

“KPU siap mendistribusikan semua logistik pilkada pada 27 Juni 2018 ini, yang akan diantarkan ke kantor desa di empat kecamatan dengan mobil pickup L 300 yang dikawal oleh pihak kepolisian,” kata Divisi Badan Urusan Rumah Tangga, Logistik dan Keuangan KPU Kota Pariaman, Indra Jaya di Pariaman, Senin (25/6/2018).

Ia mengatakan, 155 TPS yang ada di Kota Pariaman sudah dapat menerima kotak suara pada hari Selasa pagi dan semuanya ini dapat dilakukan dalam waktu selama tiga jam. Semua surat suara yang akan disebarkan ke desa untuk masing-masing TPS itu semuanya dalam kondisi aman atau tidak ada yang rusak.

“Ada empat kendaraan akan mengantarkan kotak suara. Setiap satu kendaraan akan mengantarkan kotak suara ke masing-masing kecamatan yang mendapat pengawalan oleh pihakkepolisian,” ujarnya.

Surat suara semua berjumlah 60.807, dengan DPT sebanyak 59.245 dan 2,5 persen dari 60.807 dengan cadangan 1.562. Jika ada surat suara yang rusak pada saat pemilihan maka cadangan itu akan dipakai sebagai penganti.

Selain itu, untuk di Lembaga Pemasyarakat Kelas II B Pariaman ada 62 orang DPT. Sedangkan untuk dirumah sakit yang ada di Kota Pariaman juga akan diantarkan ke sana dengan satu kotak suara melalui TPS terdekat bagi masyarakat yang bukan warga setempat.

Seterusnya, semua DPT tersebar di Kota Pariaman dengan jumlah TPS perkecamatan  yaitu Pariaman tengah 54 TPS, Pariaman Timur 30, Pariaman Utara 39 dan Selatan 32 TPS.

“Tujuan logistik diantarkan pada H-1 dengan maksud agar kotak suara di masing-masing tidak terlalu lama bermalaman sehingga bisa menimbulkan kekecurigaan,” kata dia.

Ia mengimbau pada seluruh penyelenggara pemilihan di TPS harus jelas, transparan dan semua orang harus mengakses. Selain itu, bagi warga yang mempunyai hak pilih yang memiliki KTP atau kehilangan KTP, tidak tertutup untuk tidak dapat memilih.

“Artinya, bagi warga yang mempunyai hak pilih akan disesuaikan dengan C-6 ‘surat panggilan’ atau menunjukan KK,” tandasanya menghakiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*