KPU Gelar Penghitungan Tingkat Kecamatan

    Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjug melaksankan penghitungan ditingkat kecamatan.

“Rekapitulasi suara hasil pemungutan suara Pemilu 2019 di tingkat panitia pemilihan kecamatan se-kabupaten serentak mulai 19 April,”kata Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsah.

    Ia menjelaskan, setelah penghitungan suara di TPS, pihaknya kini tengah mempersiapkan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

   “Rekapitulasi suara tingkat kecamatan dimulai empat hari setelah pemungutan suara “Penghitungan suara dilakukan secara terbuka dan dihadiri saksi dan pengawas. Setiap saksi mendapat dokumen hasil hitung atau rekap,”pungkas dia.

Proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan sebetulnya sama dengan proses rekapitulasi seperti yang dilakukan pada pemilu sebelumnya yang dari TPS kemudian ke tingkat desa atau panitia pemungutan suara (PPS).

    “Hanya saja lokus (lokasinya) yang dipindah, rekapitulasinya tetap melalui jenjang tingkat desa, kemudian desa nanti baru rekap per desa sehingga akan ketemu angka setiap kecamatan, baru nanti rekap di tingkat kabupaten,”jelas Lindo Karsah.

    Sementara itu Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sangketa Juni Wandri menyatakan, Bawaslu tetap mengawasi dan pemantauan rekapitulasi ditingkat kecamatan.

“Rekapitulasi dimulai 19 April 2019 dilakukan KPU, pihaknya tetap mengawasi setiap penghitungan suara Pemilu,”kata dia.

   Juni Wandri menyebutkan, hasil pengawasan dan pemantauan dilapangan ada dua tps bakal dilakukan PSU di Kabupaten Sijunjug.

“TPS bakal dilakukan PSU yakni TPS 14 Nagari Padang Sibusuak, dan TPS 10 Nagari Lubuak Tarok Kabupaten Sijunjung,”pungkas Juni Wandri.

Dua TPS bakal dilakukan PSU dari laporan Pengawas TPS melakukan pengawasan waktu pencoblosan di Kabupaten Sijunjung.

    PSU di TPS 14 bakal dilakukan karena ada 12 orang pemilih tidak terdaftar di DPT, DPTb dan tidak memiliki form A-5, namun memilih menggunakan KTP tidak di daerah domisili.

“Sedangkan TPS 10 dilakukan PSU karena ada satu orang pemilih bukan daerah domisili, tidak masuk dalal DPT, DPTb dan tidak ada form A -5,namun proses pencoblosan tetap dilanjutkan”jelas Juni Wandri.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas