KPU Padangpanjang Mulai Distribusikan Formulir C6

LOGO KPU RI

LOGO KPU RI

Advertisements

Padangpanjang, Padangtoday—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang, Sumatera Barat mulai mendistribusikan 35.770 formulir C6 sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan tambahan Pemilihan Gubernur 2015 kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di tingkat Kelurahan.

“Formulir C6 merupakan surat pemberitahuan atau undangan kepada pemilih dan akan disalurkan kepada 16 kelurahan yang ada di Padangpanjang,” kata Ketua KPU Padangpanjang, Jafri Edi Putra di Padangpanjang.

Ia menjelaskan, proses distribusi formulir C6 itu dilakukan secara berjenjang, dimulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kemudian disalurkan kepada PPS di tingkat kelurahan hingga ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Selanjutnya seluruh formulir C6 disampaikan langsung kepada para pemilih sesuai data di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bersangkutan,” ujarnya.

Menurutnya, undangan memilih atau formulir C6 ini bisa menjadi salah satu pemicu munculnya persoalan pada saat pemilihan, karena ada masyarakat yang tidak mendapatkannya.

“Dengan demikian, untuk mendapatkan hak pilih, masyarakat juga harus pro aktif untuk mendapatkan formulir C6 meskipun KPU membolehkan pemilih menggunakan KTP saja,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, kepemilikan formulir C6 tersebut tentunya lebih baik karena mempermudah warga untuk mengetahui lokasi TPS masing-masing.

“Pendistribusian C6 diharapkan berjalan lancar dan semua masyarakat Padangpanjang memberikan hak suaranya,” katanya.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padangpanjang, selalu mengawasi mulai dari tahapan Pilgub sampai hari H pencoblosan dan penghitungan suara serta penetapan pemenang Pilgub.

“Kami sudah siapkan jajaran mulai dari tingkat kecamatan hingga ke Panitia Pengawas Lapangan yang ada di setiap kelurahan,” kata ketua Panwaslu Padangpanjang, Edi Antes.

Pemilu serentak tahun ini Padangpanjang hanya sebagai penyelenggara Pilgub dengan dua pasangan calon yakni Irwan Prayitno berpasangan dengan Nasrul Abit dan Muslim Kasim berpasangan dengan Fauzi Bahar. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*