KPU: Pilkada, Masa Pendaftaran Calon Perseorangan 11-15 Juni

KPU: Pilkada, Masa Pendaftaran Calon Perseorangan 11-15 Juni

KPU: Pilkada, Masa Pendaftaran Calon Perseorangan 11-15 Juni

Advertisements
KPU: Pilkada, Masa Pendaftaran Calon Perseorangan 11-15 Juni

KPU: Pilkada, Masa Pendaftaran Calon Perseorangan 11-15 Juni

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com–Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota makin memasuki tahapan utama. KPU Kabupaten Limapuluh Kota selaku penyelenggara Pilkada sudah menyampaikan syarat dukungan calon perseorangan dan syarat pencalonan oleh partai politik.

Sosialisasi  Persyaratan yang dilakukan KPU Limapuluh Kota Minggu (24/5) di Kantor KPU di Tanjungpati, bahwa calon perseorangan harus didukung oleh 31.125 jiwa orang warga yang dibuktikan dengan melampirkan KTP.

”Angka 31.125 jiwa itu diperoleh dari hasil rumusan perkalian dukungan minimal calon perseorangan yang tertuang di peraturan KPU. Jumlah Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota adalah 366.169 jiwa. Menurut aturan, daerah yang penduduknya berjumlah dalam kisaran 250 ribu hingga 500 ribu jiwa , maka harus didukung oleh 8,5 persen penduduk yang mesti pula tersebar di 7 kecamatan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota Ismet Aljannata membuka acara.

Ismet menjelaskan, penyerahan syarat dukungan calon perseorangan dilakukan 11 Juni hingga 15 juni 2015.

”Ada waktu 5 hari untuk menyerahkan sekaligus memperbaiki  syarat dukungan tersebut. Kalau memang ada dari hadirin dan masyarakat ingin maju melalui perseorangan gunakan waktu lebih awal untuk menyerahkan syarat dukungan tersebut,” terang  ketua KPU yang bersahaja ini.

Dalam acara yang  disimak oleh antusias oleh tokoh tokoh masyarakat yang mungkin berminat maju, KPU juga menyampaikan persyaratan pencalonan melalui jalur partai politik. Koordianator Divisi Teknis KPU Limapuluh Kota, Budi Mulya menyampaikan bahwa untuk pencalonan melalui partai politik mesti didukung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memperoleh 20 persen kursi di DPRD Limapuluh Kota atau 25 persen dari suara sah pada pileg 2014 lampau. Dan hanya bisa diusung oleh partai politik yang mempunyai kursi di DPRD.

”Jumlah kursi DPRD kabupaten Limapuluh Kota  adalah sebanayak 35 kursi. 20 persen dari jumlah tersebut menjadi 7 kursi. Sementara, jika dihitung berdasarkan suara sah pada pileg lampau yang berjumlah 186.303 suara sah, maka 25 persennya adalah 46.576 suara sah.

Ismet berharap para undangan dan pimpinan partai politik yang hadir dapat memahami aturan pencalonan tersebut dan menyampaikan kepada siapapun yang  berminat maju pada pemilihan bupati yang menurut jadwal  dilaksanakan tanggal 9 Desember 2015 tersebut.(rel/mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*