KPU-RI Tetapkan Balon DPD Dapil Sumbar

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) telah menetapkan daftar calon sementara DCS bakal calon (balon) anggota DPD-RI daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat

Advertisements

“Untuk balon anggota DPD-RI Dapil Sumbar telah ditetapkan oleh KPU-RI,”kata Izwaryani Komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar.

Ia menjelaskan, DCS ditetapkan untuk balon anggota DPD-RI dapil Sumbar dimulai nomor 21 hingga 43.Untuk nama dimulai sesuai abjad.

Balon anggota DPD-RI diberi no 21 karena peserta pemilu 2019 ada dua yakni partai politik dan perseorangan.

“Peserta untuk parpol terakhir nomor 20 maka disambung dengan balon anggota DPD-RI no 21,”kelasnya.

Balon anggota DPD-RI dapil Sumbar berjumlah 23 orang. DCS telah ditetapkan tetsebut di umumkan pada masyarakat untuk dimintai tanggapannya soal balon anggota DPD-RI.

“Pihaknya meminta partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan atau tanggapan soal balon anggota DPD-RI telah ditetapkan KPU-RI,”imbuh Izwaryani.

Sementara itu Ketua KPU Sumbar, Amnasmen menyatakan, DCS balon anggota DPD-RI dapil Sumbar telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) di Jakarta.

Khusus untuk daerah pemilihan Sumatera Barat, KPU RI menetapkan sebanyak 23 calon anggota DPD berdasarkan salinan keputusan nomor 1071/PL.01.4-Kpt/06/KPU/IX/2018 tanggal 1 September 2018.

Untuk nomor urut calon perseorangan diambil setelah nomor urut partai yakni 21. Khusus Dapil Sumbar nomor urut mulai 21 hingga 43. Dimana jumlah balon anggota DPD-RI dapil Sumbar sebanyak 23 orang jadi terakhir nomor 43. Sedangkan susunan nama balon anggota DPD-RI berdasarkan abjad.

“Ini merupakan keputusan dari KPU-RI dalam menetapka balon anggota DPD-RI Dapil Sumbar,”katanya.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali para calon, lanjutnya KPU akan mengumumkan DCT tersebut melalui website KPU, media massa nasional dan media massa. Pengumuman DCS ini sampai 9 September 2018. KPU meminta tanggapan masyarakat terkait keluarnya DCS balon anggota DPD-RI dapil Sumbar. “Masyarakat menyampaikan tanggapan agar mencantumkan identitas jelas disertai fotocopy identitas serta bukti pendukung,”jelas Amnasmen.

Balon anggota DPD-RI awal mendaftar sebanyak 25 orang, namun setelah KPU Sumbar melakukan verifikasi dan pemeriksaan berkas memenuhi syarat sebanyak 23 orang, 2 orang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dimana syarat dukungan kurang.

Dari DSC Balon anggota DPD-RI tersebut terlihat dua incumben yakni Emma Yohana sudah dua kali menjadi senator dan Leonardy Harmainy, dan ada juga bekas senator diantaranya Alirman Sori, Afrizal, disamping itu balon DPD-RI dapil Sumbar ada juga dari kalangan pengusaha,diantaranya Ramal Saleh merupakan Ketua Kadin Sumbar, Asnawai Bahar, ada juga dari birokrat yakni Zul Evi Astar (der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*