KPU Sawahlunto Musnahkan Ratusan Surat Suara Rusak

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto memusnahkan sebanyak 320 lembar surat suara rusak pemilihan calon Gubernur dan calon gubernur sumbar.

Advertisements

Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara dibakar disaksikan Bawaslu, Polres Dan Kodim Sawahlunto.

Menurut dia, Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2020, surat suara yang rusak memang harus dimusnahkan.

Ratusan surat suara rusak yang dimusnahkan tersebut karena tidak tercetak utuh, atau robek pada bagian tertentu. Sementara untuk ribuan lainnya, dimusnahkan karena melebihi kebutuhan.

“Surat suara yang rusak sudah dilakukan penggantian dan sudah didistribusikan ke TPS,”jelas dia.

Dia menjelaskan, Kota Sawahlunto terdapat 148 TPS Dua TPS khusus yakni di Lapas dan Rutan, Jumlah  pemilih 46975 orang. Penyandang disabilitas gunakan hak suara sebanyak 422 orang

Ada beberapa orang Sawahlunto menjalani isolasi akibat terpapar covid. “KPU telah koordinasi dengan tim penanganan gugus covid agar pasien bisa memberikan hak suara pada 9 Desember  2020,”jelas Fadlan Armey.

Fadlan berharap dukungan dan partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan pelaksanaan pemilihan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumbar tahun 2020 pada tanggal 9 Desember 2020 dengan mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*