KPU Sijunjung Syiarkan Pemutakhiran Data Pemilih Lewat Radio

KPU SIJUNJUNG

KPU SIJUNJUNG

Sijunjung, PADANGTODAY.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, Sumbar syiarkan tahapan pemutakhiran data pemilih lewat radio, Senin (6/7) malam. Sebagai kegiatan perdana, komisioner KPU Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah mendatangi radio Sijma dengan frekwensi 107 FM.

“Radio sebagai media sosialisasi di ”Tanah Lansek Manih” (Julukan Kabupaten Sijunjung) sangat efektif. Geografis daerah yang berbukit dan dan berjurang ini hanya radio yang bisa menjangkau hingga ke pelosok. Selain media cetak, masyarakat suka mendengarkan layanan penyiaran audio tersebut,” kata Lindo seusai talk show di radio Sijma FM.

Di Kabupaten Sijunjung, kata Lindo, ada empat radio yang mengudara. Keempat radio itu punya segmen pendengar sendiri-sendiri. “Ada pendengar fanatik masing-masing. Anak muda punya radio sendiri, orangtua juga, dan begitu pula dengan komunitas-komunitas,” jelas Lindo.

Mengenal segmen radio, lanjut Lindo, memudahkan komisioner berkomunikasi. Setiap segmen dan komunitas masyarakat punya gaya bahasa dan diksi yang berbeda. “Supaya pesan Pemilu masuk ke pada publik, tentu kita mengunakan bahasa mereka,” tutur komisioner yang berlatar belakang jurnalis ini.

Lindo menjelaskan, tahapan pemutakhiran data pemilih sudah mulai dengan rapat koordinasi dengan Forum Musyawarah Pimpinan Daerah, pimpinan Parpol, Ormas dan Organisasi Kepemudaan minggu lalu. Ke depannya, KPU Kabupaten Sijunjung akan melakukan bimbingan teknis untuk internal penyelenggara adhoc.

“Penguatan pembangunan kapasitas kawan-kawan PPK, PPS dan PPDP direncanakan tuntas sebelum masa coklit tiba. Masa coklit sebagaimana termaktub dalam Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2015 tentang pemutakhiran data dan daftar pemilih, dilaksanakan pada interval waktu 15 Juli 2015 hingga 19 Agustus 2015,” kata Lindo.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*