KPU Sumbar Gelar Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Sampel

Advertisements

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum Sumbar menggelar penetapan sampel dukungan perseorangan peserta pemilu anggota DPD-RI.

Rapat pleno terbukahadiri bakal calon anggota DPD-RI diantaranya, Zul Evi Astar,Alkudri,Chairul Ummaya,penghubung balon anggota DPD-RI,Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen.

    “Seluruh Peserta calon perseorangan Peserta Pemilu 2019 di undang untuk menghadiri rapat pleno tersebut,”kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen.

Untuk pengambilan sampel, tambah Amnasmen, sebanyak 10 persen dari dukungan yang memenuhi syarat di kabupaten/kota.

     ”Cara pengambilan sampel diundi. Nomor dimasukkan ke dalam amplop yang berisi angka terakhir jumlah dukungan,”imbuhnya.

    Ia menjelaskan,rapat pleno terbuka tersebut merupakan rangkaian tahapan menuju pencalonan calon anggota DPD RI yang dimulai dari tahapan penyerahan dukungan, verifikasi administrasi dukungan baik berupa tahapan klarifikasi ganda eksternal dan ganda internal pada masing-masing dukungan para Balon DPD serta pemberian kesempatan perbaikan kekurangan dukungan kepada masing-masing Balon DPD pada tahapan verifikasi pertama.

      “Tahapan pengundian dan penetapan sampel ini hanya bisa diikuti oleh para Balon DPD yang telah terpenuhi persyaratan jumlah minimal dukungan dan sebaran. Sementara Balon DPD yang tidak memenuhi jumlah minimal dukungan dan sebaran tersebut tidak bisa memenuhi proses pelaksanaan tahapan pengundian penetapan sampel ini. Hasil dari pelaksanaan pengundian dan penetapan sampel ini akan dilanjutkan dengan pelaksanaan proses verifikasi faktual,”ujarnya.

    Setelah ini,KPU akan melakukan proses verifikasi faktual ke lapangan. Verifikasi faktual tersebut, lanjut Amnasmen KPU tidak secara langsung akan menyatakan gugur bagi Balon DPD yang tidak memenuhi syarat verifikasi faktual tersebut. Akan tetapi, menurut pihaknya, KPU masih akan memberikan kesempatan bagi para Balon untuk memperbaiki kembali atau melengkapi kekurangan dari hasil pelaksanaan verifikasi faktual tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*