KPU SUMBAR GELAR RAKOR DAPIL DAN ALOKASI KURSI DPRD

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Penantaan daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten/kota dalam Pemilu 2019.

Advertisements

Rapat ini dihadiri seluruh partai Politik (Parpol) baik itu partai politik baru maupun partai politik lama di Sumbar, selain itu juga hadir dari Polda Sumbar, Bawaslu serta mahasiswa.

“Perlunya KPU mengundang parpol, dikarenakan nantinya partailah yang akan menggunakan wadah ini dalam pertarungan anggotanya dalam konstelasi pemilihan legislatif tahun 2019,”katua KPU Sumbar, Amnasmen di Padang.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan lanjutan rapat konsultasi penataan dapil yang dilaksanakan sebelumnya.

“Ini hanya rapat lanjutan dari rapat koordinasi sebelumnya. Hal ini dilakukan guna lebih memantapkan lagi penataan setiap dapil termasuk alokasi kursi jumlah suara di DPRD nanti,”jelas ungkapnya.

KPU membuka ruang aspirasi publik dengan meminta pandangan dan masukan dari stakeholder terkait. “Selain itu acara ini juga bertujuan untuk menyosilisasikan regulasi dan mekanisme serta prinsip-prinsip dasar dalam penataan dapil dan alokasi kursi DPRD, serta menyusun rekomendasi bersama sebagai bahan pertimbangan dalam penataan dapil dan alokasi kursi DPRD,”jelas Amnasmen.

Amnasmen menambahkan, penataan daerah pemilihan didasarkan prinsip kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu, proporsionalitas, coterminus, kohesivitas, integritas wilayah dan kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

Ia menyatakan, ada tujuh prinsip yang harus dipahami ketika ingin melakukan penataan dapil.Ketujuh prinsip tersebut antara lain kesetaraan nilai, ketaatan prinsip pemilu yang proporsional,

“Kemudian proporsionalitas (antara alokasi kursi dapil satu dengan lainnya), integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, serta kesinambungan,”katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*