KPU Sumbar Wajibkan Bapaslon Tes Swab

 

Padang-today.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar mewajibkan kepada setiap bakal pasangan calon yang maju dalam Pilkada 2020 untuk melakukan tes swab sebelum melakukan proses pendaftaran.

“Minta bakal pasangan calon kepala daerah 2020 mengikuti pemeriksaan real time polymerase chain reaction (RT-PCR) terkait Covid-19,”kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen ketika dihubungi media.

Menurut dia, penerapan ini dilakukan sesuai dengan PKPU PKPU nomor :10 Tahun 2020 Pasal 50 A dimana Bakal Pasangan calon melakukan pemeriksaan Real Time Polymerase Reaction (RT-PCR) dan hasil dinyatakan negatif corona.

“Setiap bakal pasangan calon sebelum nanti dilakukan pemeriksaan kesehatannya mereka harus melakukan swab test, jadi harus dipastikan mereka tidak terpapar Covid-19,”ujar dia.

Apabila bapaslon terpapar Covid-19 tidak membatalkan statusnya sebagai calon. “Akan tetapi, ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh semua pihak seperti kewajiban isolasi mandiri atau pengobatan di rumah sakit,”jelas Amnasmen.

Dia.menyatakan, untuk pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah dan wakilnya di  menerapkan protokol kesehatan Covid-19. KPU juga tidak akan memperkenankan sembarang orang masuk ke ruang pendaftaran.

“Tentu ada standar covid saat calon mendaftar, ada jumlah batasannya yang boleh masuk, misalnya calon, ketua partai dan yang berhak tandatangan berkas saja,” katanya.

Sementara itu Aan Wuryanto, SH Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Prov Sumbar, menyebutkan KPU telah menyurati partai soal swab bagi bapaslon.

“KPU bersurat ke partai politik untuk mengimbau para calon tes swab dan dilampirkan saat mendaftar,”kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*