KTP Elektronik Payakumbuh, Baru 74,3 Ribu

Ir Mediar Indra MSi

Ir Mediar Indra MSi

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh, sepanjang 2015 berhasil menerbitkan 7.084 lembar Kartu Tanda Penduduk Elektonik (KTP-el). Angka tersebut, cukup lebih baik,  atau 87% dari ketersediaan 10.000 blanko KTP yang diberikan pemerintah pusat buat Payakumbuh. Kesadaran warga kota untuk memiliki KTP sudah cukup  lebih baik.

Kepala Disdukcapil Payakumbuh Mediar Indra, M.Si, ketika dihubungi di Payakunbuh, Senin  (25/1), mengatakan,  dengan tambahan penerbitan KTP-el itu, per 31 Desember 2015, sudah 74.358 jiwa warga kota yang sudah punya KTP-el.

Dibanding dengan jumlah penduduk yang wajib KTP, lebih kurang 80 ribu jiwa, menurut Mediar Indra,  masih ada sekitar 5.600 lebih warga yang belum punya KTP. Tahun 2016 ini, Disdukcapil mentargetkan seluruh warga tersebut sudah memiliki KTP, tegasnya.

Dikatakan, pencapaian target KTP-el  sepanjang 2015 itu, melebih rata-rata nasional (75%). “Kita senang,  kesadaran warga kota untuk memiliki KTP cukup tinggi. Walau begitu, sosialisasi KTP-el  perlu ditingkatkan lagi. Sedari dini, mereka yang telah cukup usia (17 th), wajib punya KTP,” ungkapnya.

Dalam pengurusan KTP-el, dikatakan Mediar Indra, tak harus mengeluarkan biaya. Karena itu,  sangat tidak dianjurkan mengurus KTP lewat calo. Lakukan sendiri oleh warga bersangkutan, secara berjenjang dari tingkat RT,  kelurahan, kecamatan hingga ke Disdukcapil, ingatnya.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*