Kupang Dua Kali Diguncang Gempa

Padang-today.com – Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dua kali diguncang gempa bumi.

Advertisements

“Telah terjadi gempabumi dua kali dengan kekuatan M 6,2 dan M 5,8 di tenggara Kupang,”kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam siaran pers.

Berdasarkan data BMKG, dua kali gempa bumi melanda Kupang, gempa pertama terjadi kekuatan Gempa Mag:6.2, SR pada Selass (27/8) sekitar pukul 14:08:10 WIB.
Gempa berpusat pada Lokasi 10.96 Lintang Selatan, 124.16 Bujur Timur atau 106 km Tenggara KUPANG-NTT, dengan kedalaman 10 Km.
Gempa kedua dengan kekuatan Gempa Mag:5.8 SR, pada Selasa (28/8) sekitar pukul 14:13:29 WIB, pada Lokasi 10.99 Lintang Selatan, 124.09 Bujur Timur atau 105 km Tenggara KUPANG-NTT, dengan kedalaman 10 Km.

Ia menyatakan, Posko BNPB telah mengkonfirmasi ke BPBD dan diperoleh laporan dimana gempa dirasakan lemah selama 2 detik di Kota Kupang.

“Tidak ada kepanikan di masyarakat. Masyarakat tetap melakukan aktivitas secara normal,”katanya.
Gempa tidak dirasakan di Kabupaten Kupang. Gempa dirasakan lemah di Kabupaten Rotendao selama lebih kurang 2 detik. Aktivitas masyarakat tetap normal.
“Gempa ini tidak berpotensi berpotensi tsunami,”jelas Sutopo.

Ia menjelaskan, sumber gempa berasal dari zona subduksi yaitu pertemuan lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia.

“Sumber gempa berbeda dengan sumber gempa di Lombok dan Sumbawa. Kedua gempa yang terjadi pada hari ini tidak ada kaitannya”, ungkapnya.

Berdasarkan analisis peta intensitas gempa dirasakan II-III MMI. Artinya ringan dan tidak merusak. BPBD terus memantau dampak gempa. Hingga saat ini berdasarkan laporan sementara tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang,”imbuh Sutopo. (*rel/DG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*