Kurang Serat Bikin Tubuh Mudah Lapar

mudah laparPADANGTODAY.com – Ketika kekurangan serat, sebenarnya tubuh akan mengirimkan tanda dan peringatan. Banyak orang yang masih tak menyadari bahwa mereka kurang mengonsumsi serat. Setiap hari, setidaknya seseorang harus mengonsumsi sebanyak 40 gram serat. Sayangnya, seringkali kita mengonsumsi makanan olahan yang sudah tak banyak mengandung serat, seperti jus buah.

Berikut adalah beberapa tanda yang akan diberikan oleh tubuh ketika kekurangan serat.

1. Kolesterol naik
Salah satu alasan kolesterol naik adalah kurangnya serat dalam diet Anda. Serat yang terlarut dalam air akan mengikat zat berbahaya seperti kolesterol dan racun lainnya. Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi banyak serat akan menurunkan tingkat kolesterol buruk hingga 60 – 70 persen.

2. Berat badan bertambah
Jika berat badan Anda bertambah, itu juga salah satu tanda kekurangan serat. serat akan membuat Anda lebih cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama. Dengan kata lain, mengonsumsi serat yang cukup membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Review mengungkap bahwa mengonsumsi serat larut maupun tak larut akan membantu mengurangi tasa lapar.

3. Merasa lapar
Serat akan membuat Anda cepat kenyang, sebaliknya, kekurangan serat akan membuat Anda lebih mudah lapar. Ini akan merugikan ketika Anda berusaha menurunkan berat badan. Biasanya orang mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, namun tidak mengandung banyak serat seperti roti putih. Ini akan membuat mereka lebih mudah lapar lagi.

4. Konstipasi
Konstipasi adalah salah satu tanda umum dan paling mudah dikenali dari kekurangan serat. Kekurangan serat akan mempengaruhi pergerakan usus Anda. Anda membutuhkan serat larut untuk menjaga agar usus bergerak secara teratur dan pencernaan Anda menjadi lancar.

Itulah beberapa tanda yang diberikan tubuh ketika Anda kekurangan serat. Jika sering mengalami gejala id atas, coba perhatikan konsumsi serat Anda. Kemungkinan Anda kurang mengonsumsi serat setiap hari. Dapatkan serat dengan makan sayur, buah, atau gandum utuh. Makanan seperti oatmeal dan biji-bijian juga bisa membantu memenuhi kebutuhan serat Anda.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*