KWT Bunga Melati Payakumbuh Wakil Sumbar ke APN 2015

Dua anggota Tim Verifikasi APN 2015 dari Kementerian Pertanian, pegang hasil pertanian milik KWT Bunga Melati Padang Alai.

Dua anggota Tim Verifikasi APN 2015 dari Kementerian Pertanian, pegang hasil pertanian milik KWT Bunga Melati Padang Alai.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Melati Kelurahan Padang Alai, Kecamatan Payakumbuh Timur, dikunjungi tim verifikasi pusat dari Kementerian Pertanian RI, Selasa (12/10). KWT Bunga Melati merupakan wakil Sumatera Barat dalam lomba Adikharya Pangan Nasional (APN) 2015.

Saat penilaian itu, rombongan tim penilai tiga personil dan diketuai  Ir. Rus Kurnia Wati Rini Astuti,  itu  disambut Ketua TP-KKK Payakumbuh Ny. Dr. Hj. Henny Riza Falepi, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Ir. Antoni Jaya, Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinaldi, S.Sos dan seluruh pengurus dan anggota KWT Bunga Melati. Tim penilai juga didampingi Ir. Yuarsah Abidun dari Badan ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat.

Ketua KWT Bunga Melati, Desi Marlina,  menyampaikan eksposenya di depan tim penilai, menggambarkan kondisi terkini KWT dalam mengembangkan usaha pertanian, terutama tanaman holtikultura,  dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

KWT dengan dukungan 20 anggotanya itu, sudah punya lebih kurang satu hektar lahan pertanian yang tersebar di kelurahan setempat. Imbasnya, di rumah-rumah penduduk sudah mengembangkan berbagai tanaman holtikultura, di lahan pekarangan rumah mereka. Untuk mendapatkan sayuran dan cabe, warga cukup mengambilnya di halaman rumah, dan tak perlu lagi membelinya ke pasar.

Ketua TP-PKK Payakumbuh Henny Riza Felepi, sebagai pembina KWT di Payakumbuh, mengatakan, cukup puas dan lega dengan kepedulian kaum wanita dalam mengimplementasikan program PKK di Padang Alai. Di Payakumbuh, sebut Henny, sudah seluruh kelurahan memiliki KWT dengan total lahan pertanian lebih kurang 25 hektar. Seluruh KWT dimotivasi untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program ketahanan pangan nasional, simpulnya.(rel/dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*