Lakukan Dan Hindari Beberapa Hal Ini Untuk Jantung Sehat

bersikaplah-optimis_-positif_20111209_big__20111209173743_vino_cms_1PADANGTODAY.com – Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh kita. Ada sedikit saja masalah pada jantung, seperti detak yang tak beraturan, akan menyebabkan banyak masalah lain pada tubuh. Untuk menjaga kesehatan jantung, ada hal-hal yang harus dihindari dan ada hal yang harus Anda lakukan.

1. Optimis
Orang yang optimis diketahui memiliki kesehatan jantung yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang cenderung pesimis. Pikiran positif dan selalu optimis juga diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung, terutama pada orang yang memiliki sejarah penyakit jantung di keluarganya.

2. Minum Teh
Mengonsumsi teh secara teratur juga bisa meningkatkan fungsi arteri. Tapi hindari teh botolan atau teh kemasan, sebaiknya seduh sendiri teh Anda untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

3. Magnesium
Mengonsumsi 200 miligram magnesium sehari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 22 persen. Magnesium bisa didapatkan melalui makanan seperti kacang-kacangan, gandum utuh, atau sayuran hijau.

Itu beberapa hal yang bisa dilakukan atau dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kini Anda juga harus mengetahui hal-hal yang tak baik untuk jantung, berikut ini.

1. Suara bising
Tinggal di tempat seperti bandara yang ramai atau jalan yang ramai bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Peneliti percaya bahwa polusi suara juga bisa meningkatkan stres sekaligus tekanan darah yang nantinya bisa memicu penyakit jantung.

2. Polusi udara
Polusi udara juga tak hanya berpengaruh pada kesehatan paru-paru saja, melainkan juga pada jantung. Penelitian mengungkap bahwa udara yang terpolusi berkaitan dengan 8.000 kasus gagal ginjal per tahun. Menghirup udara yang terpolusi akan memicu terjadinya atheosclerosis, yaitu mengerasnya pembuluh arteri.

3. Marah
Marah-marah bisa bikin Anda cepat tua, kata pepatah. Faktanya, suka marah juga berbahaya untuk jantung Anda. Kemarahan bisa memicu terjadinya serangan jantung. Sebuah penelitian mengungkap bahwa risiko serangan jantung meningkat hingga 2,4 kali dalam waktu dua jam setelah seseorang ‘mengamuk’ atau melampiaskan kemarahan mereka. Ini disebabkan oleh jumlah adrenalin dan kortisol yang meningkat dan menekan arteri.

Itulah beberapa hal baik dan buruk dari kesehatan jantung.

(mr/nol)